Jumat, 21 November 2014 20:17 WIB

Dampak Kenaikan BBM, RAP Proyek 2015 Terancam Berubah

 Dampak Kenaikan BBM, RAP Proyek 2015 Terancam Berubah

MUAROTEBO(SR28) - Kenaikan harga BBM bukan saja berpengaruh langsung terhadap terhadap masyarakat, namun juga bakal berpengaruh terhadap Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) Proyek 2015 Kabupaten Tebo.

Hal tersebut langsung disamapikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Tebo, Agus Sunaryo ketika dikonfirmasi SR28, Jum’at (21/11). Dirinya mengatakan bahwa kenaikan harga BBM yang   diumumkan pemerintah pusat pada dasarnya tidak ada pengaruh terhadap anggaran APBD Tebo.

"Walau ada kenaikan BBM, namun anggaran APBD Tebo yang sudah ketok palu, tidak akan mengalami perubahan," ujar Agus.

Namun untuk RAP Proyek 2015, akan mengalami perubahan. Namun hal tersebut tergantung dengan kebijakan masing-masing SKPD. Sedangkan jumlah anggaran tidak akan mengalami perubahan.

"Untuk anggaran tidak akan ada perubahan. Namun RAP proyek, Kita serahkan ke masing-masing SKPD, apakah akan diubah atau tidak. Namun tentunya akan disesuaikan dengan harga BBM, misalnya pada volume proyeknya nanti," jelas Agus.

Terkait hal tersebut, perubahan RAP proyek masing-masing SKPD tentunya akan diubah pada saat pelaksanaan pelelangan proyek tersebut. "Untuk mengubah RAP biasanya sebelum pelelangan nanti," kata Agus.

Agus juga menambahkan bahwa, untuk APBD Kabupaten Tebo tahun 2015 sejumlah sekitar Rp 950 miliar. 56% dari APBD itu diperuntukkan bagi belanja langsung, sedangkan 46% sisanya untuk belanja tidak langsung.

Sedangkan untuk fisik atau belanja modal, menurut Agus pada tahun 2015 ini. Kabupaten Tebo menganggarkan untuk fisik atau belanja modal sekitar 32% dari APBD tahun 2015. 

"Untuk tahun 2015, belanja modal atau proyek fisik sekitar 32% dari APBD," tuntas Agus.

 

Bbe/Sat

Dampak | Kenaikan | BBM, | RAP |

Copyright @2015