Senin, 01 Desember 2014 23:35 WIB

Sekda : Pengetahuan Hukum Sejak Dini Wajib Diberikan

 Sekda : Pengetahuan Hukum Sejak Dini Wajib Diberikan

SAROLANGUN(SR28) - Pengetahuan hukum sejak dini wajib untuk diberikan kepada generasi muda, sehingga diharapkan mereka mampu membekali diri dengan perilaku yang baik dan jauh dari tindakan pidana.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sarolangun Thabroni Rozali saat dijumpai sejumlah wartawan. 

“ Pembekalan hukum sangat baik jika dilakukan semenjak dini. Dengan membekali diri dengan pengetahuan hukum, setidaknya dapat menjaga generasi muda dari tindakan melanggar hukum,” jelasnya.

Dirinya sangat menyarankan agar generasi muda terus menggali kesadaran terkait masalah hukum, sehingga benar-benar mampu hidup jauh dari melanggar hukum.

“ Sebaiknya pembelajaran hukum mulai diterapkan. Dengan demikian anak muda dapat memberi andil dalam penegakan hukum dan tidak melanggarnya.  Di usia muda mereka sangat rentan dengan tindakan yang melanggar hukum. Jika tidak kita mulai dari sekarang, kita khawatir mereka akan terjerumus dalam tindakan melanggar hukum,” katanya.

Untuk mendukung Program Sadar Hukum, Pemkab akan meminta agar  pola pendidikan hukum dapat diajarkan di sekolah, sehingga wawasan hukum semakin mampu dijalankan dan  diaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“ Kita akan mendorong agar pengetahun hukum juga dapat diajarkan di sekolah-sekolah. Peran serta dinas pendidikan harus mampu menerjemahkan ke dalam kurikulum agar generasi muda kita dapat menjadi contoh yang baik dan tidak melanggar hukum,” tegasnya.

Sementara Lukman selaku Kadisdik Sarolangun menegaskan bahwa apa yang disampaikan oleh Sekda, pihaknya sangat mendukung dan akan segera melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah.

“ Kita mendukung langkah baik yang disampaikan oleh Sekda. Kita akan memasukkannya dalam muatan lokal. Nantinya akan kita libatkan instansi terkait, seperti Kabag Hukum Pemkab, pihak Kejari, Pengadilan Negeri serta Kepolisian. Inovasi ini sangat positif dan berdampak baik terhadap generasi muda kita secara langsung,” pungkasnya.

 

Yan/Sat

Sekda | : | Pengetahuan | Hukum |

Copyright @2015