Selasa, 02 Desember 2014 20:50 WIB

Dinilai Salah Sasaran, PSKS Malah Dinikmati Pensiunan PNS

 Dinilai Salah Sasaran, PSKS Malah Dinikmati Pensiunan PNS

KERINCI(SR28) – Realisasi Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS)  di tengah masyarakat tampaknya perlu diperhatikan. Penerima PSKS banyak tidak tepat sasaran. Bahkan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ada yang menikmati dana itu. Yakni di Desa Punai Merindu, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci. Penerima dana PSKS merupakan pensiunan PNS. 

Supratmi, Kades setempat mengaku hanya bisa pasrah, karena dana PSKS untuk warga di desanya sudah diserahkan pada Kamis pekan lalu. Sedangkan di Kecamatan Keliling Danau Kab. Kerinci salah satunya terdapat masyarakat miskin yang mengaku tidak kebagian dana PSKS. Begitupun di Kecamatan Sitinjau Laut, juga banyak penerima-penerima dana PSKS tidak tepat sasaran. 

Kepala Desa Baru Semerah, Emi Elya, mengakui hal itu. Dia mengatakan, data penerima BLT beberapa bulan lalu sebenarnya salah sasaran, dan dia berharap bisa direvisi lagi saat keluarnya data PSKS. 

“Namun saya perhatikan, penerima dana PSKS masih menggunakan data lama, sehingga warga yang benar-benar berhak mendapatkan dana tersebut, malah tidak mendapatkan apa-apa,” kata Emi Elya, Selasa (02/12). 

Akibat data yang tidak akurat, Kades mengaku terpaksa lepas tangan karena khawatir disalahkan masyarakat. 

“Saya tidak berani umumkan siapa saja yang menerima dana itu, biar warga saja yang cek ke kantor pos,” tegasnya. 

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Kerinci, Zainal Abidin, mengatakan akan memerintahkan jajarannya termasuk Kepala Desa, untuk memperbaiki data warga yang berhak menerima kartu perlindungan sosial, agar bantuan-bantuan sosial bagi warga ke depannya diterima oleh orang berhak dan tidak salah sasaran. 

 

Ero/Sat

Dinilai | Salah | Sasaran, | PSKS |

Copyright @2015