Selasa, 10 Maret 2015 18:49 WIB

Kerinci-Sungai Penuh Jadi Sasaran Pilgub, ZA Layak Maju

 Kerinci-Sungai Penuh Jadi Sasaran Pilgub, ZA Layak Maju

KERINCI(SR28) - Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan dilaksanakan pada Desember (2015) nanti, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh dinilai bakal jadi sasaran menarik untuk 'jual beli suara' arena politik. 

Apabila Kerinci dan Sungai Penuh tidak memunculkan figur bakal calon (balon), kedua daerah ini bisa menjadi salah satu wilayah yang akan dijadikan obral janji-janji para kandidat. 

Jafar Ahmad, pengamat politik asal Kerinci saat dikonfirmasi wartawan mengatakan hal ini. 

"  Kerinci dan Sungai Penuh harus memunculkan figur calon Gubernur dan Wakil Gubernur. Kalau tidak, bisa jadi sasaran suara dari Calon Gubernur dan Wakil Gubernur," terangnya.

Ia juga menilai wilayah paling barat Provinsi Jambi ini tipis kemungkinan bisa memunculkan kandidat gubernur maupun calon wakil gubernur. 

"Kita melihat dari Kerinci tidak ada yang serius, yang bisa bersaing dengan calon, Hasan Basri Agus (HBA) dan Zumi Zola (ZZ). Namun, yang bisa kita lakukan hanya membangun komitmen dengan pasangan pimpinan itu yang nantinya jika menang pada Pilgub nantinya, ya harus ada semacam kontrak politik dengan tokoh-tokoh Kerinci," katanya.

Dikatakannya, secara struktural HBA punya peluang yang diuntungkan dalam hal ini. 

"Kepala daerah Kerinci dan Sungai Penuh merupakan kader dari Partai Demokrat. Kalau dilihat dari partai, HBA itu diuntungkan, karena Sungai Penuh dan Kerinci dikuasai mereka. AJB  dari Partai Demokrat dan begitupun Adi Rozal diusung dari Partai Demokrat," tukasnya.

Sementara itu salah satu tokoh yang bisa mewakili daerah paling barat Provinsi Jambi ini adalah Zainal Abidin (ZA). 

Pasalnya, satu tahun menjabat sebagai Wakil Bupati Kerinci, ia dianggap mampu menyelesaikan satu-persatu persoalan di tengah-tengah peralihan kekuasaan, baik soal aset hingga penyelesaian Kompleks Perkantoran di Bukit Tengah hingga penataan pegawai.

Sebelumnya, ZA juga dinilai piawai dalam memberikan perubahan di masyarakat Kab. Kerinci. Boleh jadi atas dasar ini, ia (ZA) mendapat restu dari masyarakat Kerinci untuk segera naik kelas di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini dan itu sesuai permintaannya ketika menyambut satu tahun kepemimpinannya, ia membutuhkan do'a restu dari rakyat Kerinci. 

 

Bbe/Sat

Kerinci-Sungai | Penuh | Jadi | Sasaran |

Copyright @2015