Jumat, 06 September 2013 13:56 WIB

Lapas Tebo Over Kapasitas

 Lapas Tebo Over Kapasitas
Ilustrasi Lembaga Pemasyarakatan

MUARA TEBO(SR28) - Jumlah narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Muara Tebo saat ini telah melebihi daya tampung (over capacity). Seharusnya, satu kamar dihuni dengan 4 sampai 6 orang narapidana (napi), namun kondisi saat ini satu kamar dihuni 10 sampai 13 orang napi. Hal itu diungkapkan oleh Sarwo Edy, Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Muara Tebo.

Dikatakannya, napi yang ada di Kabupaten Tebo saat ini sebanyak 250 orang. Sementara kapasitas atau daya tampung lapas hanya 128 napi, “Ada 23 kamar yang harus menampung 250 orang napi. Akibatnya, para napi harus berhimpit-himpitan,” terang Edy.

Saat ditanya tindakan Lapas Tebo untuk mengatasi persoalan tersebut, Edy mengatakan, pihaknya sudah mengujukan usulan penambahan kamar ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM). Dan tahun depan usulan tersebut akan direalisasikan. "Tahun depan ada penambahan kamar, tapi belum bisa dipastikan berapa jumlahnya,” katanya.

Edy berharap penambahan kamar tersebut secepatnya bisa direalisasikan dan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Pasalnya, kasihan dengan kondisi napi saat ini yang harus hidup berhimpitan dengan napi lainnya. “Memang mereka napi, tapi mereka tetap memiliki hak hidup yang wajar. Mudah-mudahan penambahan kamar tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Bbe/Sat

Lapas | Tebo | Over | Kapasitas |

Copyright @2015