Minggu, 17 Mei 2015 00:12 WIB

Gubernur HBA Tanam Perdana Kedelai Dan Padi Sawah

 Gubernur HBA Tanam Perdana Kedelai dan Padi Sawah
Gubernur Jambi Hasan Basri Agus

JAMBI(SR28/ADV) - Sistim Tanam Jajar Legowo yang dilakukan oleh Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) yang diikuti Bupati Tebo Sukandar dan diikuti oleh Para Petani secara Perdana dilakukan oleh HBA pada Tanam Kedelai dan Padi Sawah bertempat Desa Semabu Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, Jum’at (15/05/2015).

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur HBA menyampaikan, padi merupakan andalan sumber pangan, kedepan ini yang harus kita perjuangkan, permasalahan yang dihadapi masyarakat yaitu irigasi. 

" Irigasi sebenarnya sudah dibangun karna tidak dipakai sudah menjadi rusak dan banyak tidak sawah tidak teraliri air, kedepan akan diperbaiki asalkan masyarakat memang mau turun ke sawah," tutur HBA

Selain itu Gubernur juga menjelaskan Kabupaten  Tebo merupakan lahan terluas yang menanam kedelai mencapai 4.000 ha dari yang dicanangkan seluas 12.500 ha.  

" Wilayah ini bisa menjadi percontohan untuk daerah lain, ke depan bisa memenuhi kebutuhan Provinsi Jambi terutama untuk pembuatan tahu dan tempe juga pakan ikan. Kita juga telah mendirikan pabrik pakan ikan yang salah satunya bahannya terdiri dari kedelai," jelasnya.

Selain itu Gubernur mengajak masyarakat 3 desa yaitu Desa Semabu, Desa Pelayangan, dan Desa Kandang untuk turun ke sawah guna bekerja sama membantu pemerintah dalam mewujudkan swasembada beras di Provinsi Jambi.

" Pemerintah pusat dan daerah telah menyiapkan dana cukup besar untuk para petani asalkan para petani benar-benar serius untuk mengelola lahannya," jelas HBA. Gerakan menanam kedelai juga berkerja sama antara petani, Dinas Pertanian dan TNI AD di Kabupaten Tebo.

Pada kesempatan ini Gubernur HBA juga menyerahkan bantuan Pemerintah Provinsi Jambi secara simbolis yang diterima oleh perwakilan kelompok tani di antaranya bantuan fasilitas penggilingan padi dan satu unit RMU kepada kelompok tani Pematang Jering Desa Teluk Pandak dan bantuan benih padi hibrida seluas seribu hektar dan bantuan tabung optimasi lahan seluas seribu hektar, bantuan hand traktor sebanyak 18 unit, pompa air sebanyak 7 unit dan power thresher sebanyak 1 unit yang diterima langsung oleh masing-masing ketua kelompok tani.

Selain itu Bupati Tebo Sukandar menyampaikan, sudah 2 tahun berturut-turut kecamatan yang berada di Kabupaten Tebo terus berupaya dengan gerakan turun ke sawah yang telah dicanangkan. Kabupaten Tebo mempunyai lahan terluas yang telah dipersiapkan. Tebo siap mendukung swasembada padi yang dicanangkan Provinsi Jambi. 

"Tebo memiliki potensi yang sangat besar untuk penanaman padi dan kedelai," jelas Bupati.

Kepala dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi Amrin Aziz menyampaikan gerak tanam untuk lahan yang ditinggal selama 12 tahun tidak ditanami lagi. Dengan adanya gerakan tanam padi ke sawah ini diharapkan akan mampu menjadikan Provinsi Jambi di masa mendatang sebagai daerah yang utama dalam usaha swasembada beras.

Usai acara penanaman, dilanjutkan tanya jawab yang dipandu langsung Bupati Sukandar dan dilanjutkan sholat Jum’at bersama  di Masjid Al-Falah di Desa Semabu.

 

Gubernur | HBA | Tanam | Perdana |

Copyright @2015