Rabu, 06 Januari 2016 11:28 WIB

Diduga Tidak Matang Perencanaannya, 1 Unit Rumah Khusus Nelayan Ambruk

 Diduga Tidak Matang Perencanaannya, 1 Unit Rumah Khusus Nelayan Ambruk
1 Unit RKN yang Ambruk

KUALATUNGKAL(SR28) - Proyek Pembangunan Rumah Khusus Nelayan (RKN) di Kabupaten Tanjab Barat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Penyediaan Perumahan menghabiskan dana sejumlah Rp 15.725.157.000. Dana itu berasal dari APBN pusat yang dikerjakan oleh PT Anugerah Pertiwi Kontrindo dengan konsultan pengawas PT Indah Karya. Proyek yang memakan waktu selama 170 hari kelender kini sudah selesai dikerjakan.

Namun sangat disayangkan dari 100 unit rumah yang terletak di Parit IV Desa Tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir yang belum ditempati oleh para pemiliknya itu sudah ada yang ambruk. Fakta ini terpantau oleh SR28 di lapangan saat mengunjungi lokasi tersebut pada hari Selasa (05/01).

Salah seorang tokoh masyarakat Tanjab Barat Adnan Fiqriza SH sangat menyayangkan hal tersebut.

“ Ambruknya satu unit rumah di perumahan khusus nelayan itu, saya duga akibat kurang matangnya perencanaan pembangunan rumah sejak awal,” kata Adnan, Selasa (05/01) kemarin.

Lanjutnya lagi," Pondasi tapak rumah itu sangat tidak efektif, karena dicetak dan merupakan bahan jadi. Seharusnya dibuat dengan konstruksi cakar ayam dan langsung dicor di lokasi, sehingga memiliki daya cengkeram dan kokoh. Jadi wajar saja bangunan itu ambruk sebelum ditempati.” 

Pejabat Satker (Satuan Kerja) Pembangunan Perumahan Khusus Nelayan itu, Ir.H.Ria Sukrianto, ketika dihubungi terkait ambruknya bangunan tersebut, mengatakan,” Rumah akan dibangun kembali oleh kontraktor proyeknya, karena saat ini pekerjaannya masih dalam jaminan pemeliharaan. Rencananya tidak di tempat yang lama, karena sebelumnya tanahnya merupakan daerah bekas kuburan yang ditemukan tengkorak beberapa waktu yang lalu. Lokasinya berada tidak jauh dari bangunan yang lama.” 

Pelaksana proyek tersebut, H Rusli, ketika dikonfirmasi SR28 melalui sambungan telepon selulernya mengatakan," Kami sudah selesai mengganti bangunan rumah yang ambruk tersebut dan lokasinya tidak jauh dari bangunan yang lama.” 

 

Sab/Wit

Diduga | Tidak | Matang | Perencanaannya, |

Copyright @2015