Jumat, 16 Desember 2016 14:55 WIB

Hamilton Peringatkan Mercedes Soal Pengganti Rosberg

 Hamilton Peringatkan Mercedes soal Pengganti Rosberg
Lewis Hamilton

Jakarta - Lewis Hamilton siap menerima siapa saja sebagai rekan setim barunya di Mercedes. Tapi dia meminta Mercedes berdiskusi dengannya soal pengganti Nico Rosberg.

Mercedes punya pekerjaan rumah besar untuk musim 2017 mendatang. Mereka harus mencari pengganti Rosberg yang memutuskan pensiun tak lama setelah menjadi juara dunia.

Sejumlah nama sudah disebut-sebut masuk bursa pengganti Rosberg. Di antaranya adalah Valtteri Bottas (Williams), Fernando Alonso, sampai Sebastian Vettel.

Tapi Hamilton memberi indikasi bahwa dirinya tidak sepakat apabila Mercedes merekrut pebalap top untuk menggantikan Rosberg.

"Pada dasarnya, begitu mereka memangkasnya menjadi lima pebalap, atau apapun itu, daftarnya, secara kontraktual mereka harus mendiskusikannya dengan saya," ujar Hamilton kepada Channel 4 seperti dikutip dari Guardian.

"Mereka bisa menempatkan pebalap manapun yang mereka inginkan. Datangkan Sebastian (Vettel), Fernando (Alonso), datangkan siapapun yang benar-benar Anda inginkan. Saya membalap melawan Fernando di tahun pertama saya (di McLaren pada 2007) dan mengalahkannya, jadi itu bukan kekhawatiran untuk saya."

"Saya senang balapan melawan siapa saja. Tapi dalam hal yang terbaik untuk tim, mungkin itu bukan ide bagus," ucapnya.

Hamilton menampik anggapan yang menyebut dirinya tidak peduli siapa rekan barunya nanti. Meski tak punya hak untuk memilih, Hamilton siap memberikan masukan. Dia berharap Mercedes merekrut pebalap yang tidak akan mengganggu harmonisasi tim.

"Saya tidak punya suara untuk mengatakan siapa pebalapnya. Belakangan ini saya melihat komentar online yang mengatakan 'Lewis tidak peduli siapa rekan setimnya,' yang sedikit di luar konteks," lanjut Hamilton.

"Siapa yang kami punya di mobil kedua itu penting, penting untuk moral tim. Kita sudah melihat di tim-tim lain di mana itu bisa berefek buruk untuk tim, rivalitas di antara pebalap."

"Dan tentu itu sangat penting, karena saya sangat senang di sini. Ada beberapa skenario menarik. Secara umum kami selalu mengatasinya, jadi kami harus memastikan siapapun yang kami rekrut paling tidak sama bagusnya, jika tidak lebih baik, dalam hal menciptakan energi itu."

"Saya sudah punya pengalaman dengan individu-individu tertentu di masa lalu yang saya sarankan agar tidak punya skenario itu di dalam tim. Tapi maksud saya adalah saya akan balapan melawan pebalap manapun yang Anda inginkan," katanya

detikNews

Hamilton | Peringatkan | Mercedes | soal |

Copyright @2015