Sabtu, 25 Maret 2017 18:14 WIB

Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Anjlok

 Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Anjlok
Harga Cabai Di Pasar Angso Duo Menurun

KOTAJAMBI(SR28) - Harga cabai di Kota Jambi pada akhir pekan ini anjlok, jika dibandingkan dengan akhir pekan lalu, karena mulai banyaknya pemasokan dari luar daerah.

Pantauan di pasar tradisional terbesar di Provinsi Jambi, pasar Angso Duo, Kota Jambi, harga cabai kini berada di kisaran Rp 16 hingga Rp 18 ribu saja.

Padahal sebelumnya, harga cabai biasanya dijual di kisaran  Rp 23 ribu hingga Rp 27 ribu, dan tertinggi bisa mencapai angka Rp 135 ribu.

Menurut pedagang cabai, turunnya harga cabai ini karena melimpahnya pasokan cabai yang datang ke Kota Jambi, dari daerah-daerah pemasok cabai seperti merangin dan Kerinci.

"Dulu Rp 40 ribu sampai Rp 100 ribu, sekerang harganya Rp 18 ribu ada yang Rp 16 ribu juga, liat bagusnya, itu turun karena ada, pasokan melimpah sudah melampaui batas, pembeli agak sepi cabai banyak, padahal cabai harus habis sehari, turunnya jauh," ujar Ade, pedagang cabai.

Dengan turunnya harga cabai di pasaran, tentu membuat ibu rumah tangga sedikit bisa bernafas lega, karena mereka bisa membeli lebih banyak cabai dari hari biasanya.

Jika dihari biasa hanya sanggup membeli seperempet kilo cabai, saat harga cabai turun, pembeli biasanya membeli satu kilogram cabai.

Apalagi di daerah Sumatera, kebiasaan orang Sumatera lebih menyukai menyantap masakan yang berasa pedas.

"Harga cabai Rp 16 ribu biasanya Rp 40 ribu, harga cabai turun kita senang, baik, kita beli banyak, biasanya beli dikit sekarang beli banyak," tutur Nurmala, ibu rumah tangga.

Pantauan di pasar tradisional Angso Duo Kota Jambi, selain harga cabai merah yang turun, juga ada komoditi lain seperti bawang merah, yang turun harga dari Rp 28 ribu menjadi Rp 24 ribu.

Untuk harga minyak goreng, beras, kacang tanah, bawang putih, telur, daging ayam, dan daging sapi, cenderung normal dan belum ada kenaikan maupun penurunan harga.

Ank/Ags

Pasokan | Berlimpah, | Harga | Cabai |

Copyright @2015