Jumat, 20 Juli 2018 09:41 WIB

Perwakilan Calon Notaris Yandrik Ershad Daftarkan Permohonan Uji Materil Ke Menkumham RI

 Perwakilan Calon Notaris Yandrik Ershad Daftarkan Permohonan Uji Materil ke Menkumham RI
Yandrik Ershad perwakilan calon notaris

JAKARTA (SR28) -- Perwakilan calon notaris, Yandrik Ershad mendaftarkan Permohonan Hak Uji Materil Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 25 Tahun 2014 tentang Syarat dan Tata Cara Pengangkatan, Perpindahan, Pemberhentian dan Perpanjangan Masa Jabatan Notaris dan Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2017 tentang Ujian Pengangkatan Notaris Terhadap Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 Tentang Jabatan Notaris. dilakukan secara bersama-sama oleh Prof Bahder Johan Nasution, Prof Sukamto Satoto, Prof Elita Rahmi, DR Yetniwati di Mahkamah Agung jalan Merdeka Utara.

Menurut Yandrik, pendaftaran permohonan Judicial Review ini ditempuh karena jalur pengaduan dirasa kurang berjalan.

"Kita sudah kemana mana, Kantor staf Presiden, Komisi III dan juga sudah RDP bersama Menteri Hukum Dan HAM akan tetapi belum kelihatan hasilnya, Permekumham nya masih berlaku. Jadi kita tempuh jalur hukum" ungkap Yandrik kepada SR28 Jambi kemarin Rabu (18/7/2018).

Yandrik mendaftarkan di dampingi para staf pengajar dan pengelola Prodi kenotariatan Universitas Jambi.

Sementara itu Prof. Elita Rahmi selaku Ketua Program studi Kenotariatan Universitas Jambi mengatakan dalam hal ii pihaknya juga melampirkan bukti-bukti lain yang dibutuhkan.

 “Legal Standing kita sebagai pemohon Judicial Review Permenkumham 62 tahun 2016 dan 25 tahun 2017 Kita selaku pengelola dan pengajar Prodi, SK kita ada dan sudah dilampirkan dengan bukti lainya” ujar Elita.

Adapun Pemohon berjumlah 21 orang terdiri dari 4 kategori yaitu pengelola Program Magister Kenotariatan, Dosen Pengajar pada Program Magister Kenotariatan, Anggota Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia (ALB-INI) yang merupakan calon notaris dan mahasiswa Magister Kenotariatan.

Pendaftaran Judicial Review ini dibuktikan dengan keluarnya Surat tanda bukti pembayaran dan penerimaan berkas perkara HUM tertanggal 18 Juli 2018 yang ditanda tangani oleh Plt. Direktur dan Tata Laksana Perkara Tata Usaha Negara, Ria Susilawesti, SH.,M.M. Yang diserahkan oleh Prof. DR. Bahder Johan Nasution, SH., M.Hum. dkk.

 📝 Agus Solihin

📧 [email protected]

COPYRIGHT © SR28 MEDIA 2018

 

Perwakilan | Calon | Notaris | Yandrik |

Copyright @2015