Selasa, 14 Agustus 2018 15:32 WIB

Bupati Safrial: Lomba Balap Pompong Sebagai Wisata Dan Pelestarian Budaya Daerah

 Bupati Safrial: Lomba Balap Pompong Sebagai Wisata dan Pelestarian Budaya Daerah
Lomba pacu pompong

KUALA TUNGKAL (SR28) -- Pemkab Tanjab Barat melalui Dinas Perikanan dan Kelautan mengelar Lomba Balap Pompong sebagai pelestarian nilai budaya daerah di perairan Sungai Pengabuan, titik star lomba balap pompong tersebut ditempatkan Pelabuhan Pelindo Marina, Selasa (14/8/2018).

Lomba dibuka langsung oleh Bupati Tanjabbar DR. Ir. H. Safrial, MS. Bupati Safrial mengatakan, dirinya menyabut baik dilaksanakannya lomba balap pompong kali ini.

"Ini adalah merupakan wujud upaya Pemda untuk membangkitkan semangat dalam melestarkan tradisi masyatakat bahari serta meningkatkan budaya disiplin menjaga keselamatan dalam penggunaan transportasi laut dan sungai."Bahwa balap pompong merupakan salah satu ciri khas Kabupaten Tanjabbar yang memiliki perairan yang luas," ujar Safrial.

Bupati berharap melalui even lomba balap pompong ini dapat menuangkan kreasi dan inovasi dimasa mendatang Pelestarian Budaya Daerah.

"Ini juga untuk memperkenalkan bahwa masyarakat kita banyak yang hidup dipinggir pantai dengan mata pencaharian sebagai nelayan dan pedagang antar pulau dan pompong sebagai transportasi utamanya, tidak hanya itu, balapan pompong ini bisa dijadikan salah satu ikon wisata Tanjab Barat untuk mendatangkan wisatawan setiap bulan Agustus" kata bupati.

Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Ir. H. Zabur Rustam, MM selaku Pelaksana Kegiatan mengatakan even kebudayaan tersebut diadakan dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT Kabupaten Tanjabbar ke-53 dan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018.

"Ini bertujuan ntuk memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan bahari yang dimiliki Kabupaten Tanjab Barat. Kita ingin membangkitkan kembali seni dan budaya maritim yang dimiliki masyarakat" katanya.

"Lomba ini, menunjukkan bahwa masyarakat kita kaya akan budaya kebaharian, tahun ini pesertanya ada 36 mayoritas para nelayan, hadiah yang disiapkan juga uang juta rupiah, tropi ditambah sembako," tandasnya.

Usai kegiatan lomba,para pemenang lomba balap pompong ini dibereikan hadiah yang diserahkan langsung oleh Bupati Dr.Ir.H.Safrial,MS dan Wabup Drs.H.Amir Sakib.

📹 Sabri | 📝 Agus Solihin

📧 [email protected]

COPYRIGHT © SR28 MEDIA 2018

Bupati | Safrial: | Lomba | Balap |

Copyright @2015