Minggu, 19 Agustus 2018 09:14 WIB

Cara Memilih Jenis Pakaian Olahraga Yang Tepat Dan Nyaman

 Cara Memilih Jenis Pakaian Olahraga yang Tepat dan Nyaman
Memilih Jenis Pakaian Olahraga yang Tepat

SR28JAMBINEWS.COM -- Jangan sampai salah kostum saat olahraga. Selain tidak nyaman, Anda juga jadi tidak maksimal saat bergerak. Cek dulu 3 cara memilih pakaian olahraga berikut ini.
 
1. Pilih warna favorit.
Memangnya warna ada hubungannya dengan kenyamanan berolahraga? Tidak. Tapi memakai busana olahraga dengan warna favorit bisa menambah semangat dan kenyamanan olahraga. Jangan lupa pastikan padu padannya serasi dengan sepatu. Jangan sampai salah pilih warna ya, bisa jadi Anda malah jadi pusat perhatian di gym!
 
2. Pilih bahan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan baik dan memiliki pori-pori longgar. 
Bahan baju olahraga yang terbuat dari bahan katun memang mampu menyerap keringat dengan baik namun tidak bisa menguapkannya kembali dengan cepat sehingga ia bertahan lebih lama pada serat kain dan menyebabkan terasa lebih berat saat dipakai.

Salah satu contoh jenis pakaian olahraga yang baik adalah kombinasi bahan katun, polyester dan spandex. Kombinasi bahan ini merupakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga. Selain dapat menunjang kinerja fisik, kombinasi ketiga bahan ini telah terbukti lebih baik daripada pakaian yang berbahan katun saja.
 
3. Pilih pakaian olahraga yang nyaman: ketat atau longgar?
Pastikan pakaian olahraga Anda dikenakan tidak mengganggu kenyamanan dalam bergerak. Saat mencobanya, gerakkan tangan ke kanan ke kiri, ke bawah ke atas, memutar tubuh dan coba berlari kecil, lalu rasakan apakah pakaian yang Anda kenakan terlalu ketat atau sudah nyaman.

Jika terlalu ketat, jangan paksakan untuk memakainya. Selain tidak nyaman, pakaian olahraga terlalu ketat juga berpotensi celaka dan membahayakan. Gantilah dengan pakaian lain yang lebih nyaman.

Selonggar apa? Sesuaikan dengan jenis olahraga. Untuk olahraga seperti berlari dan bersepeda dianjurkan tidak menggunakan pakaian yang longgar agar terhindar dari cedera. Penggunaan pakaian longgar pada saat bersepeda dapat menimbulkan risiko celana tersangkut pada pedal.

Para pelari juga tidak dianjurkan menggunakan pakaian longgar karena lari melibatkan gerakan tubuh yang sangat dinamis, tentu akan sangat menyulitkan apabila menggunakan pakaian longgar.

Anda suka pakaian olahraga yang ketat? Pilih pakaian yang tidak terlalu ketat pada bagian persendian agar Anda leluasa bergerak, terutama untuk olahraga yang membutuhkan kelenturan tubuh seperti pilates atau yoga.

Apa pun model pakaian olahraga yang Anda pilih, pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan penampilan prima.

Selamat berolahraga! 

Source: Femina

Cara | Memilih | Jenis | Pakaian |

Copyright @2015