Rabu, 19 September 2018 15:58 WIB

Waspada, Ini 5 Penyebab Timbulnya Jerawat Di Punggung

 Waspada, Ini 5 Penyebab Timbulnya Jerawat di Punggung
Foto (Ilustrasi)

SR28JAMBINEWS.COM -- Selain pada wajah, jerawat juga bisa muncul pada beberapa bagian kulit tubuh lainnya. Salah satunya adalah pada area punggung. Namun, jerawat punggung berbeda dengan jerawat pada wajah, karena punggung memiliki pori-pori yang lebih besar dari wajah dan memungkinkan banyak bakteri dapat terperangkap di dalamnya.

Secara ilmiah, jerawat punggung disebut sebagai bacne (back acne). Penyebab utama munculnya jerawat ini adalah tersumbatnya pori-pori di daerah punggung oleh keringat atau bakteri. Penyumbatan ini dipicu oleh beberapa hal atau kebiasaan yang mungkin dilakukan, seperti berikut ini:

1. Memakai Produk yang Bisa Menyumbat Pori

Dikarenakan kulit bagian punggung memiliki pori-pori yang relatif lebih besar ketimbang bagian lainnya, maka penyumbatan pun akan mudah terjadi. Terlebih jika kamu menggunakan produk-produk yang bisa menyumbat pori, yaitu produk yang memiliki kandungan silikon, seperti kondisioner, sunscreenbody cream, dan massage oil.

Jadi, jika kamu sering mengalami jerawat punggung, cobalah untuk mengurangi penggunaan produk-produk tersebut. Untuk penggunaan kondisioner misalnya, pastikan bagian punggung kamu bersih dari sisa kondisioner yang menempel.

2. Mengenakan Baju yang Ketat dan Tidak Menyerap Keringat

Pakaian yang tidak menyerap keringat dapat membuat keringat terjebak di kulit yang jika dibiarkan akan bercampur dengan bakteri. Kemudian, bakteri itu akan menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.

Selain itu, penggunaan pakaian yang terlalu ketat juga dapat membuat kulit tidak bisa bernapas serta membuat produksi minyak dan keringat berlebihan, sehingga berpotensi menyumbat pori-pori. Jika sudah berjerawat, gesekan dari pakaian juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan memperparah kondisi kulit.

3. Mandi yang Kurang Bersih

Punggung merupakan bagian yang cenderung sulit terjangkau seluruhnya. Itulah mengapa bagian ini seringkali terlewat atau tidak terlalu diperhatikan kebersihannya ketika mandi. Akibatnya, bakteri yang tersumbat di pori-pori punggung pun tetap bersemayam dan menimbulkan jerawat. Selain itu, sisa sabun yang kurang bersih terbilas juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di punggung, lho.

4. Penggunaan Detergen dan Pewangi yang Kurang Tepat

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada yang normal, tapi ada juga yang sensitif terhadap produk-produk tertentu. Pemilihan produk detergen dan pewangi pakaian yang tidak tepat juga dapat memicu munculnya jerawat punggung secara tidak langsung.

Penggunaan detergen dan pewangi pakaian yang tidak cocok untuk jenis kulit kamu akan membuat kulit mengalami reaksi yang memicu timbulnya iritasi. Kulit yang mengalami iritasi itu akan lebih rentan terkena infeksi bakteri. Akibatnya, jerawat punggung pun akan lebih mudah muncul.

5. Memakai Tas Punggung yang Terlalu Berat

Apa hubungannya memakai tas punggung dengan jerawat punggung? Tentu ada. Terlebih jika isi tas terlalu berat. Keringat di area punggung yang harusnya bisa menguap akan terjebak, karena tas punggung akan menghalangi jalan masuk udara yang harusnya diterima punggung.

Untuk menyiasatinya, cobalah untuk mengganti model tas kamu dengan tas model selempang atau tas bahu. Jika terpaksa harus membawa banyak barang, kamu bisa menyiasatinya dengan membawa tas model koper, sehingga area punggung dapat bernapas lega.

Itulah 5 hal yang dapat memicu timbulnya jerawat punggung. Seperti halnya masalah kulit lainnya, jerawat punggung tidak boleh disepelekan, meskipun letaknya cenderung tidak mudah terlihat. Sebab, munculnya jerawat punggung dalam jumlah banyak menandakan ada yang salah dari tubuhmu. (Sumber:Halodoc)

Waspada, | Ini | 5 | Penyebab |

Copyright @2015