Rabu, 19 Desember 2018 11:06 WIB

Desa Jatimas Tanjabbar Terima Bantuan Mesin Pengolah Sawit Dari Kemendes

Desa Jatimas Tanjabbar Terima Bantuan Mesin Pengolah Sawit dari Kemendes

KUALA TUNGKAL (SR28) - Desa Jatimas Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjab Barat menerima bantuan satu unit mesin pengolah sawit menjadi minyak goreng dari pemerintah pusat melalui Kementerian Desa. Hal ini guna meningkatkan perekonomian dan pengambangan di desa tersebut.

Kepala Desa Jatimas, Muholid mengatakan sangat menyambuat baik bantuan mesin pengolah kelapa di desanya itu.

"Kami sambut baik bantuan pengolah sawit tersebut untuk pengembangan Prukades berbasiskan Kelapa Sawit, yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perkonomian masyarakat” ujar Muholid saat ditemui SR28.

Pihaknya juga sudah mneyiapkan gudang yang nantinya aka digunakan sebagai tempat produksi pengolahan kelapa sawit menjadi minyak goreng.

"Kita sudah sipakan gudang untuk penempatan mesin tersebut  untuk mempruduksi  minyak sawit" ujarnya.

Meski mesin sudah ada, namun hingga kini pihaknya belum dapat mulai produksi dikarenakan masih perlu persiapan diantaranya pasokan listrik sesuai kebutuhan mesin produksi. Pihak desa juga harus menyelesaikan perizinan usaha termasuk amdal dan HO.

"Belum bisa mengoperasionalkan sekarang, karena masih banyak yang akan kita perisapkan seperti listrik dengan kapasitas daya paling tidak 3000 VA, selain itu juga kita harus selesaikan  izin produksi, amdal dan juga HO" papar kades.

Kades Jatimas ini juga berharap Pemda Tanjabbar dapat mendukung pengolahan sawit di desanya tersebut, diantaranya dengan mempermudah proses perizinan sehigga memeprcepat proses produksi.

"Kami harap pemerintah daerah juga dapat mendukung untuk mengupayakan mempercepat operasional terutama mempermudah izin produksi, amdal dan HO, karena jika tidak maka kami masyarakat tidak bisa segera produksi kelapa sawit menjadi minyak goreng" pungkas kades.

Reporter: Sabri

Editor: Eka Yulianti

Desa | Jatimas | Tanjabbar | Terima |

Copyright @2015