Rabu, 16 Januari 2019 15:44 WIB

ASDP Perkuat Sektor Pariwisata Dan Logistik

 ASDP Perkuat Sektor Pariwisata Dan Logistik

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan berfokus untuk memperkuat sektor pariwisata dan logisitik pada 2019. Hal tersebut percepatan dalam mencapai visi perusahaan untuk menjadi terdepan dalam jasa pelabuhan dan angkutan penyeberangan di Tanah Air.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspa Dewi mengatakan, sektor pariwisata menyimpan banyak potensi. Pasalnya masih banyak daerah wisata yang belum terjamah oleh transportasi.

"ASDP tidak hanya mendorong konektivitas antar pulau, tetapi juga memperkuat sektor logistik, serta mampu mendorong pengembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat," ujarnya dalam acara media gathering di Kantor Pusat ASDP, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Ira menambahkan, salah satu yang akan menjadi fokus percepatan ialah pengembangan terminal eksekutif Merak dan Bakauheni untuk beroperasi secara penuh. Termasuk di dalamnya adalah ritel, sehingga dapat menjadi fasilitas dan destinasi yang menjadi pilihan pengguna jasa penyeberangan.

Untuk pengembangan ini sendiri sebenarnya sudah dilakukan uji coba pada saat Natal dan Tahun Baru lalu. Namun baru akan lebih didorong secara maksimal pada tahun ini.

Ira juga menambahkan, akan mengembangkan satu dermaga baru lagi pada 2019 agar lebih banyak lagi akal yang bersandar. Rencanannya pengembangan dermaga baru ini sudah bisa di gunakan pada musim Lebaran 2019.

"Tahun ini ada sepasang dermaga baru di Merak Insya Allah Lebaran sudah jadi," ucapnya.

Selain itu lanjut Ira, pihaknya juga akan mengebut proyek Labuan Bajo Marina. Rencananya, komplek komersial ini bisa dioperasikan mulai Maret 2019.

"Pariwisata itu yang sedang kita lakukan menciptakan destinasi baru. Jadi bukan cuma menyebrang ada hotelnya, ada belanjanya juga bisa satu paket," katanya.

Di sisi lain, pihaknya juga akan mengoperasionalkan hotel yang ada di Labuan Bajo yang mana salah satunya adalah berbentuk kapsul. Kemudian pada September, perseroan juga akan meresmikan proyek Marina.

"Salah satunya adalah hotel kapsul. Jadi kalau ditanya pendek kita bangun destinasi baru di pariwisata," ucapnya.

Sebagai gambaran, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat selama 2018 sudah melayani sekitar 7.126.250 penumpang. Angka ini naik 4,2% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu yang hanya 6.838.804 penumpang.

Di sisi lain perseroan juga berhasil melayani 6,46 juta kendaraan untuk menyebrang. Sementara untuk jumlah barang yang diantar untuk menyebrang mencapai 882 ribu ton barang.

Source  : Okezone

ASDP | Perkuat | Sektor | Pariwisata |

Copyright @2015