Sabtu, 05 Oktober 2013 08:29 WIB

Kini Harga Emas Dunia Sedikit Menurun

 Kini Harga Emas Dunia Sedikit Menurun

Didorong oleh faktor menguatnya nilai dolar, harga Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Jumat (Sabtu pagi WIB).

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 7,7 dolar AS, atau 0,58 persen, menjadi ditutup pada 1.309,9 dolar AS per onunce.

Meskipun diperdagangkan lebih rendah untuk sebagian besar minggu ini, dolar AS bergerak lebih kuat pada Jumat, menawarkan beberapa dukungan untuk emas.

Pemerintah AS telah menutup sementara sebagian operasinya selama empat hari. Karena itu, laporan bulanan ketenagakerjaan AS yang diawasi ketat tidak dirilis pada Jumat.

Tetapi karena penghentian kegiatan sementara pemerintah AS itu, orang mulai percaya bahwa Federal Reserve mungkin tidak memutuskan untuk mengurangi program pembelian obligasinya pada pertemuan berikutnya akhir bulan ini, yang pada gilirannya akan menahan penurunan harga emas.

Para analis pasar berpendapat bahwa investor spekulatif adalah pembeli utama di pasar emas dalam dua hari terakhir. Sebaliknya, ETF (exchange-traded funds) emas melaporkan penjualan 5,7 ton emas dalam dua hari terakhir.

The Financial Times pada Kamis melaporkan bahwa dukungan China untuk emas kemungkinan memudar.

Perak untuk pengiriman Desember merosot 3,4 sen, atau 0,16 persen, menjadi ditutup pada 21,752 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari naik 14,7 dolar AS, atau 1,07 persen, menjadi ditutup pada 1.388 dolar AS per ounce.

ard | beritasatu

Kini | Harga | Emas | Dunia |

Copyright @2015