Pengamat Sosial Jambi Mulai Soroti Pelaksanaan PPKM di Kota Jambi

  • Bagikan

KOTA JAMBI (SR28) – Perjalanan PPKM level 4 di Kota Jambi telah memasuki hari ke 3 per hari ini (Rabu 25 Agustus 2021). Berbagai bentuk penerapan PPKM ini mulai dari Pemkot, Pemprov, Aparat Keamanan hingga sejumlah aksi nekad yang dilakukan oleh masyarakat juga tampak mewarnai pelaksanaan PPKM level 4.

Terbaru, insiden yang paradok justru terjadi hari ini. Ribuan warga tampak berdesak-desakan ingin mengikuti vaksin. Berbagai alasan pun menjadi motif mereka mengikuti vaksin, mulai dari perindungan diri (medis), syarat masuk sekolah/kuliah, tes masuk kerja, syarat keluar masuk kota Jambi hingga tertarik dengan promo yang dilakukan oleh penyelenggara berupa voucher belanja sebesar Rp 100.000 bagi 800 pendaftar pertama khusus yang dilaksanakan di kompeks Transmart dan Yello Hotel.

Pengamat Sosial Bahren Nurdin menilai kejadian tersebut dikarenakan 2 hal, yaitu jumlah vaksin dan sistemnya yang harus benar-benar bagus.

“Kalau masyarakat mau vaksin, seharusnya Pemerintah benar-benar menyiapkan jumlah vaksin dan sistem penyalurannya. Jangan sampai warga yang mau vaksin tapi jumlah vaksin tidak memadai, atau masyarakat mau vaksin tapi tidak sistemnya yang kurang baik” ungkap Bahren

Akademisi UIN STS Jambi itu juga mewanti-wanti agar semangat masyarakat ini untuk bervaksin yang tinggi malah menjadi sumber sebaran Covid yang baru.

“Jangan sampai karena sistem yang tidak berjalan dengan baik, masyarakat malah mengantri lama, berkerumun dan bahkan bisa menimbulkan klaster baru. Atau malah nanti masyarakat bisa menjadi apatis karena poin-poin tadi” tutup Bahren. (Sidik)

  • Bagikan