BATANGHARI  (SR28) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori mengemukakan bahwa PKK harus turut berkontribusi dalam pencegahan penularan Covid-19, salah satunya dengan mengedukasi masyarakat supaya menggunakan masker ketika di luar rumah. Hal itu dikatakan Rahima dalam Roadshow PKK Gebrak Masker Kabupaten Batanghari, di Aula Rumah Dinas Bupati Batanghari, Selasa (15/9/2020) siang.

Gerakan Bersama Menggunakan Masker yang dinamakan Gebrak Maker merupakan upaya dan langkah sinergis Kementerian Dalam Negeri dan PKK dalam memassifkan dan memasyarakatkan penggunaan masker, dengan tujuan untuk mencegah penularan Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Rahima menyerahkan masker secara simbolis kepada TP PKK Kabupaten Batanghari, yang selanjutnya akan didistribusikan oleh kader PKK kepada masyarakat.

Rahima mengatakan, roadshow PKK Gebrak Masker ke kabupaten juga merupakan instruksi dari istri Menteri Dalam Negeri selaku Ketua Umum TP PKK (Pusat), sebagai upaya menjaga dan meningkatkan sinergitas PKK Provinsi dengan PKK Kabupaten/Kota.

Rahima nenegaskan, dalam mencegah penyebaran Ccvid-19, semua orang harus mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19: menggunakan masker saat di luar rumah, mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir, menjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Rahima menyatakan, PKK berperan luas hingga ke dasa wisma mencegah penularan Covid-19

Dalam menghadapi Covid-19, lanjut Rahima, sangat penting menjalankan ajaran agama, yakni kebersihan sebagai bagian dari iman, dan hal itu juga selaras dengan program Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) PKK.

Rahima mengungkapkan, dalam pencegahan penularan Covid-19, PKK Provinsi Jambi sudah membagikan masker kepada masyarakat sejak April 2020, sebelum adanya Gebrak Masker, namuan semakin dimassifkan setelah adanya Gebrak Masker, yakni Program Sejuta Masker untuk PKK se Provinsi Jambi.

Rahima mengemukakan bahwa PKK harus membantu dan mengedukasi masyarakat,
PKK harus hadir dan turut berkontribusi dalam penanganan Covid-19.

Plt. Ketua TP PKK Batanghari, Etik Mulawarman menyampaikan, TP PKK Kabupaten Batanghari sebagai mitra pemerintah, telah melaksanakan kegiatan pembagian masker kepada masyarakat, bersama pemangku kepentingan, dan telah mendistribusikan 25.000 buah masker kepada masyarakat Batanghari.

Selain membagikan masker, kata Etik Mulawarman, PKK Kabupatrn Batanghari juga telah memberikan 600 paket bantuan sembako kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19 di Kecamatan Muara Bulian.

Etik Mulawarman mengatakan, pada 17 Agustus 2020, bersama Bupati Batanghari dan jajaran, TP PKK Kabupaten Batanghari melakukan Gebrak Masker dengan memberikan masker dari rumah ke rumah.

Selain itu, tambah Etik Mulawarman, TP PKK Kabupaten Batanghari melakukan pembekalan dan sosialisasi kepada kader PKK tentang pencegahan Covid-19, bekerja sama dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Batanghari, membagikan 100.000 masker, diserahkan melakui kader TP PKK di semua tingkatan.

Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Iin Kurniasih Sudirman, Ketua Persit Chandra Kirana Korem 042/Garuda Putih, dan beberapa orang pengurus TP PKK Provinsi Jambi turut hadir dalam acara tersebut.

Selanjutnya, Rahima dan rombongan meninjau Batik Jambi di Toko Batik Maryana Mastum di Rengas Condong, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Maryana Mastum tidak hanya menjual, tetapi juga membuat Batik Jambi.