11 tewas dalam kecelakaan helikopter militer di Turki timur

by admin

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan sebuah helikopter militer jatuh di Turki timur, menewaskan 11 tentara di dalamnya dan melukai dua lainnya

ANKARA, Turki – Sebuah helikopter militer jatuh di Turki timur pada Kamis, menewaskan 11 personel militer di dalamnya dan melukai dua lainnya, kata Kementerian Pertahanan. Laporan berita mengatakan seorang perwira tinggi termasuk di antara para korban.

Helikopter tipe Cougar jatuh di dekat desa Cekmece, dekat kota Tatvan, di provinsi Bitlis yang berpenduduk mayoritas Kurdi. Saat itu dalam perjalanan ke Tatvan dari provinsi terdekat Bingol ketika pihak berwenang kehilangan kontak dengannya pada 14:25 (1125 GMT), kata kementerian itu.

Para korban termasuk Letnan Jenderal Osman Erbas, seorang komandan korps militer, kata Devlet Bahceli, pemimpin partai nasionalis utama Turki, di Twitter. Harian pro-pemerintah Sabah juga melaporkan bahwa Erbas dibunuh. Sembilan dari korban tewas di lokasi jatuhnya pesawat, sementara dua lainnya meninggal karena luka-luka mereka di rumah sakit, kata para pejabat.

Kementerian menggambarkan kecelakaan itu sebagai kecelakaan, tetapi tidak segera diketahui apa penyebabnya. Televisi HaberTurk mengatakan helikopter itu diyakini jatuh dalam kondisi cuaca buruk, termasuk salju dan kabut.

Penduduk Cekmece Davut Bikec adalah salah satu orang pertama yang mencapai situs tersebut.

“Salah satu (personel yang terluka) berada sedikit di bawah helikopter tetapi tidak banyak tekanan padanya. Saya membersihkan salju dari mulutnya sehingga dia bisa bernapas, “kata Bikec kepada Anadolu Agency yang dikelola pemerintah.” Saya bertanya apakah dia baik-baik saja dan setelah dia pulih sedikit, dia berkata: ‘Saya baik-baik saja.’ ”

“Saya mulai menggali salju; Tangan saya terluka dan lebam. Saya menggali, menggali, menggali dan mengeluarkan tentara yang terluka itu, ”katanya.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar berangkat ke Tatvan bersama dengan kepala staf militer negara itu dan komandan pasukan darat untuk memeriksa daerah itu, kata kementerian itu.

Lokasi kecelakaan berada di daerah di mana pasukan Turki telah memerangi militan dari Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK yang dilarang. Konflik tersebut telah menewaskan puluhan ribu orang sejak 1984.

PKK dianggap sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.

——

Robert Badendieck berkontribusi dari Istanbul.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/killed-army-helicopter-crash-eastern-turkey-76251073

Related Articles