Al Haris Harap OJK Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi

  • Bagikan
83WhatsApp-Image-2022-01-20-at-19.53.55.jpeg

JAMBI (SR28) – Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengharapkan, Otoritas Jasa Keuangan turut membantu dalam medorong pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui sinergi dengan berbagai pihak perbankkan sehingga masyarakat benar benar mendapatkan manfaatnya. Hal tersebut disampaikan Al Haris saat usai mengikuti Pertemuan Tahunan Industri Jasa keungan Tahun 2022 dan Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) secara virtual, bertempat di Ruangan Video Conference Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (19/01/2022).

Pada Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keungan Tahun 2022 ini, OJK mengangkat tema ‘Penguatan Sektor Jasa Keuangan Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Baru’.

Al Haris menuturkan, kegiatan ini merupakan acara rutin setiap tahunnya yang bertujuan untuk mengetahui berbagai tantangan dan peluang peningkatan ekonomi pada 2022, serta sebagai  patokakan bagi OJK yang menjadi sarana penyampaian arah kebijakan kepada Industri Jasa Keuangan, serta sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi kinerja OJK kepada publik.

“Kita mengharapkan dengan adanya pertemuan ini, OJK menunjukkan aksi nyata dalam membantu mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat, sehingga masyarakat benar benar merasakan manfaatnya,” tutur Al Haris.

Al Haris menyampaikan, pada pertemuan ini OJK telah meluncurkan inovasi baru yaitu program Taksonomi Hijau Indonesia, dimana Bapak Presiden Jokwi sedang membumikan Taksonomi Hijau. Adanya kebijakan Taksonomi Hijau ini karena saat ini kondisi bangsa, iklim investasi juga iklim ekonomi sudah mulai agak kuat sehingga OJK harus melakukan pengawasan dan pemantauan kepada semua perbankan agar bisa mengendalikan standar perbankan sesuai dengan harapan dan ekonomi masyarakat bisa kembali pulih.

Dalam sambutannya, Jokowi mengemukakan saat ini terjadi berbagai macam dinamika ekonomi global yang penuh dengan ketidakpastian, mulai dari kelangkaan pangan, energi, hingga kelangkaan kontainer. Pemerintah masih akan terus memacu pembangunan infrastruktur dan melanjutkan reformasi di bidang manufaktur, industri, hilirisasi mineral, serta meningkatkan ekspor barang-barang olahan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso melaporkan, dalam Taksonomi Hijau Indonesia yang ada, OJK telah mengkaji  2.733 klasifikasi dan subsektor ekonomi dimana 919 diantaranya telah mengkonfirmasikan langsung dengan Kementerian terkait. Hal ini akan menjadikan Indonesia salah satu negara yang mempunyai Taksonomi Hijau selain Tiongkok, Uni Eropa, dan Asia.  (Agus/Sidik)

  • Bagikan