Berlangsung Khidmat, P3PD Terus Gelar Pelatihan ke Perangkat Desa di Provinsi Jambi

  • Bagikan
5c156ce7-e9d4-4392-bf8d-43d377b7f22c-1-scaled.jpeg

KOTA JAMBI (SR28) – Ratusan perangkat desa yang berasal dari Kabupaten Merangin, Sarolangun, Muaro Jambi, Batanghari dan Tanjung Jabung Barat pada Sabtu pagi (4/11) telah berada di disejumlah hotel di Kota Jambi.

Mereka dijadwalkan akan mengikuti serangkaian pelatihan yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) selama 4 hari.

Kepala DP3AP2 Provinsi Jambi Raden Najmi menegaskan agar para perangkat desa yang mengikuti pelatihan tersebut bisa memaksimalkan kesempatan yang langka ini.

“Program ini bertujuan untuk mempercepat serapan anggaran Dana Desa (APBDes) dengan fokus pada kegiatan yang mendorong percepatan pembangunan desa, pertumbuhan, dan ketahanan ekonomi masyarakat desa,” terang Najmi saat membuka pelatihan dihadapan aparatur desa di Swissbell Hotel Kota Jambi (Sabtu 4 November 2023).

Lebih lanjut, Dia juga menambahkan jika peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dari sisi regulasi.

“Peserta akan diajari untuk melaksanakan Pemerintahan Desa yang responsif, ekstraktif,ada regulatif, distributif, dan kolaboratif serta mematuhi aturan yang berlaku” tambahnya.

Diujung sambutan, Najmi meringkas dari 2 alasan yang telah dipaparkan tersebut pada satu kata kunci, yaitu Leadership.

“peningkatan koordinasi dan solidaritas. Yaitu, fokus diberikan pada koordinasi yang baik antara kepala desa, perangkat desa, dan pengurus kelembagaan desa untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat” tutup Najmi.

Pelatihan yang digelar oleh P3PD ini digelar sejak pekan ketiga September. Hingga hari ini, peserta yang dilatih adalah sebanyak 3.350 orang.

Direncanakan, pelatihan P3PD ini akan rampung pada pekan pertengahan November ini dengan estimasi total keseluruhan peserta yang dilatih sebanyak 4.896 orang perangkat desa dan BPD. (Sdk)

  • Bagikan