BMKG Jambi dan Fisika UIN Adakan Sekolah Lapang Iklim

  • Bagikan
sekolah lapang iklim
sekolah lapang iklim
banner 468x60

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi bekerjasama dengan Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah merampungkan Sekolah Lapang Iklim (SLI). Program SLI Operasional rutin diadakan BMKG sebagai upaya penguatan ketahanan pangan terhadap cuaca ekstrem. Terutama di masa pandemi covid-19. Program ini juga membantu petani dalam menjaga produktivitas pertanian. Program SLI ini juga mengandeng akademisi terutama kampus untuk mensosialisasi dan saling berbagi keilmuan terkait iklim.

Pada hari ini (18/12/21) Mahasiswa/i Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi melakukan kunjungan ke Stasiun Klimatologi (BMKG) Sungai Duren, Muaro Jambi dalam rangka Kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilaksanakan secara berkolaborasi antara Prodi Fisika FST UIN Jambi dengan Stasiun Klimatologi Muaro Jambi. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut kerjasama yang MoU-nya sudah ditanda tangani bersama pihak BMKG Pusat.

banner 336x280

Turut serta hadir pada kegiatan ini Dekan FST Bapak Iskandar, M.Pd., M.S.I., Ph.D dan WD 1 Ibu Dr. Tanti, M.Pd dan rombongan FST disambut oleh Kepala Stasiun Klimatologi Jambi yaitu Bapak Rudi Anuar Yudha Trisaputra, SP. Pelatihan dilakukan oleh instruktur-intrukstur yang merupakan tenaga ahli dari tim BMKG.

” Alhamdulillah kegiatan ini membantu mahasiswa prodi kami untuk mengenal lebih jauh terkait pengukuran cuaca dan iklim. Kami juga berharap inovasi teknologi yang kami lakukan di kampus dapat juga di sinergikan ke sekolah lapang iklim ini, terutama terkait instrumentasi ” ujar Vandri Ahmad Isnaini, Kaprodi Fisika FST UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Sekolah lapang iklim merupakan kegiatan yang memberikan pelatihan kepada mahasiswa tentang keilmuan cuaca dan iklim yang berupa pelatihan penggunaan instrumen pengukuran, analisis serta prediksi cuaca dan iklim, serta bagaimana mensosialisasikan kepada masyarakat. Kesadaran akan perubahan cuaca dan iklim sangat penting untuk diketahui dimana anomali perubahan cuaca dan iklim saat ini terjadi secara tiba-tiba. Sehingga diperlukan sebuah instrumen pengukuran yang canggih dan perhitungan prediksi dengan metode-metode terbaru.

Diharapkan dengan kegiatan ini lulusan mahasiswa/i Prodi Fisika FST dapat menjadi agen/penyuluh sosialisasi sadar akan cuaca dan iklim bagi masyarakat, terutama petani serta nelayan untuk mendapatkan hasil produk perkebunan, pertanian, dan kelautan berkualitas tinggi dan kuantitasnya meningkat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan