Bupati Tanjabbar Anwar Sadat Buka Secara Resmi Festival Pelayanan Publik Tahun 2023

  • Bagikan
Bupati Tanjung Jabung Barat,Drs.H.Anwar Sadat,M. Ag membuka secara resmi kegiatan Festival Pelayanan Publik dan Talkshow

KUALA TUNGKAL (SR28) – Selasa (26/09/23) Bupati Tanjung Jabung Barat,Drs.H.Anwar Sadat,M. Ag membuka secara resmi kegiatan Festival Pelayanan Publik dan Talkshow Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2023 Kabupaten Tanjab Barat.”Kegiatan tersebut di gelar di Alun-Alun Kota Kuala Tungkal dihadiri oleh Anggota Ombudsman RI, Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Tanjab Barat, Ketua Pengadilan Agama Tanjab Barat, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sekda Tanjab Barat, Para Staf Ahli dan Para Asisten Setda Tanjab Barat, Kepala Instansi Vertikal, Kepala perangkat Daerah Tanjab Barat,Para Camat dan kepala Bagian dilingkungan Setda Tanjab Barat serta peserta Talkshow.

Anggota Ombudsman Republik Indonesia Dadan Suparhajo Suharmo Wijaya dalam sambutannya menjelaskan,” perbedaan antara Ombudsman dan KPK, yang mana menurutnya KPK lebih melakukan tindakan seperti mengedepan sanksi dan sebagainya, sedangkan Ombudsman memberikan tindakan korektif atau upaya perbaikan sehingga pelayanan publik yang diberikan kemasyarakat tidak terdapat mal administrasi,” paparnya.

Lanjut belliau,”Ombudsman memiliki kewajiban untuk memperbaiki mal administrasi yang terjadi di institusi terkait seperti ada tindakan-tindakan korektif yang disarankan atau yang di buat Ombudsman untuk di lakukan institusi terkait dan Ombudsman wajib untuk mengawal melakukan monitoring, apakah tindakan korektif yang diberikan Ombudsman dilaksanakan atau tidak, maka Ombudsman mempunyai kewajiban untuk mendampingi,” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Bupati Kab.Tanjab Barat Drs.H.Anwar Sadat,M.Ag juga menyampaikan bahwa pelayanan publik merupakan kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan undang-undang bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

“Dimana penyelenggara pelayanan publik adalah setiap institusi penyelenggara negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan publik dan badan hukum yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik, selain itu penyelenggara pelayanan juga memiliki kewajiban membuat mekanisme pengelolaan pengaduan yang disampaikan melalui kotak pengaduan,tatap muka,media sosial, SP4N Lapor, serta lembaga Resmi lainnya,” pungkas Bupati. (Sabri)

  • Bagikan