Desa Laboratorium Terpadu: Edukasi Ibu PKK Desa Jati Mulyo Mengolah Limbah Nenas menjadi MOL

  • Bagikan

Jambi(SR28)-Minggu (08/10) bertempat di kebun nanas UMKM Srikandi, yang diketuai oleh Ibu Juniarti terlaksana kegiatan pelatihan pembuatan Mikroorganisme Lokal (MOL) oleh Tim Dosen dan Mahasiswa MBKM Program Desa Laboratorium Terpadu yang diketuai oleh Dr. Madyawati Latief, S.P., M.Si dan anggota Dr.Ir. Elis Kartika, M.Si, Dr. Lizawati, SP., M.Si, Indra Lasmana Tarigan, S.Pd., M.Sc dan Ratih Dyah Puspitasari, S.Si., M.Si.

Desa Jati Mulyo berlokasi di Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Timur dengan Sebagian besar wilayahnya adalah tanah gambut. dengan kondisi wilayah gambut, masyarakat Desa Jati Mulyo memanfaatkan potensi daerahnya dengan menanam kopi liberika dan nanas. Dimana kedua komoditas tersebut, sangat cocok ditanaman di lahan gambut.

Di Desa Jati Mulyo limbah kulit nanas sisa pengolahan dalam pembuatan produk pangan belum dimanfaatkan. Limbah kulit nanas memiliki potensi untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan eco-enzyme yang dikenal memiliki banyak manfaat. Selain itu adanya kandungan unsur hara yang cukup tinggi limbah kulit nanas juga dapat dijadikan sebagai alternatif pupuk Mikro organisme lokal (MOL) yang dapat diterapkan di lahan gambut untuk membantu menyediakan unsur hara dan dekomposisi bahan organik.

Kegiatan pelatihan ini memberikan edukasi bagi masyarakat guna memiliki keterampilan dalam mengolah limbah kulit nenas sebagai komponen/bahan baku MOL yang dapat dimanfaatkan kembali untuk perkebunan agroindustri kopi ataupun sawit bagi masyarakat yang mayoritas sebagai petani. Melalui kegiatan ini masyarakat mendapatkan kompetensi dalam menghasilkan pupuk organik secara mandiri.

  • Bagikan