Inggris mengkritik China karena melanggar Deklarasi Sino-Inggris

by admin

Menteri luar negeri Inggris telah mengkritik China karena terus melanggar Deklarasi Bersama Sino-Inggris karena Beijing semakin memperketat kontrol atas Hong Kong.

LONDON – Menteri Luar Negeri Inggris pada Sabtu mengkritik China karena terus melanggar Deklarasi Bersama China-Inggris karena Beijing semakin memperketat kontrol atas Hong Kong.

Dominic Raab mengatakan keputusan Beijing untuk “memberlakukan perubahan radikal untuk membatasi partisipasi dalam sistem pemilu Hong Kong … adalah bagian dari pola yang dirancang untuk melecehkan dan membungkam semua suara yang mengkritik kebijakan China.” dalam waktu kurang dari sembilan bulan, kata Raab dalam sebuah pernyataan.

“Tindakan lanjutan pemerintah China berarti saya sekarang harus melaporkan bahwa Inggris menganggap Beijing berada dalam keadaan ketidakpatuhan berkelanjutan terhadap Deklarasi Bersama – sebuah demonstrasi dari jurang yang semakin besar antara janji-janji Beijing dan tindakannya,” kata menteri luar negeri itu. .

Pemerintah Inggris dan Cina menandatangani perjanjian pada tahun 1984, membuka jalan bagi penyerahan Hong Kong dari pemerintahan Inggris ke Cina pada tahun 1997. Perjanjian tersebut menetapkan bahwa bekas jajahan Inggris akan mempertahankan otonomi tingkat tinggi serta hak-hak sipil dan kebebasannya setidaknya untuk 50 tahun.

Inggris dan AS mengkritik China Kamis ketika badan legislatif seremonialnya mendukung langkah Partai Komunis untuk mengurangi peran pemilih Hong Kong dalam memilih anggota parlemen di wilayah itu dan memastikan “patriot” menguasai kota. Di bawah perubahan tersebut, komite pro-Beijing yang memilih kepala eksekutif kota akan memiliki kekuasaan untuk juga menunjuk sejumlah besar anggota legislatif Hong Kong yang memiliki 90 kursi.

Ini adalah yang terbaru dari serangkaian kebijakan yang menanggapi protes anti-pemerintah yang terkadang disertai kekerasan di Hong Kong yang menjerumuskan kota ke dalam krisis pada tahun 2019. Beijing tahun lalu memberlakukan undang-undang keamanan nasional di kota tersebut dan sejak itu puluhan tokoh pro-demokrasi telah ditangkap dan banyak diasingkan.

Para pejabat China mengatakan langkah-langkah itu diperlukan untuk mencegah gerakan separatis dan membasmi kampanye apa pun yang mendukung kemerdekaan Hong Kong.

Beberapa anggota parlemen Inggris telah melobi untuk sanksi terhadap pejabat China dan Hong Kong untuk melindungi demokrasi kota, tetapi Raab sejauh ini belum menanggapi seruan tersebut.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/uk-criticizes-china-violating-sino-british-declaration-76434749

Related Articles