Jaksa Meksiko membantah tuduhan politik terhadap gubernur

by admin

Jaksa Agung Meksiko Alejandro Gertz Manero membantah tuduhan korupsi terhadap gubernur oposisi di negara bagian perbatasan Tamaulipas bermotif politik, tetapi tidak merinci apa yang ada di balik kasus tersebut.

MEXICO CITY – Jaksa Agung Meksiko Alejandro Gertz Manero Rabu membantah bahwa tuduhan korupsi terhadap gubernur oposisi di negara bagian perbatasan Tamaulipas bermotif politik, tetapi tidak merinci apa yang ada di balik kasus tersebut.

Kantor jaksa agung mengajukan permintaan Selasa kepada Kongres untuk mencabut kekebalan gubernur dari tuntutan, setara dengan semacam proses pemakzulan.

Gubernur Francisco Garcia Cabeza De Vaca dituduh melakukan kejahatan terorganisir, pencucian uang dan penggelapan pajak. Dia membantah melakukan kesalahan dan mengklaim tuduhan itu bermotif politik.

Media lokal melaporkan bahwa beberapa tuduhan terkait dengan pergerakan jutaan dolar antara perusahaan-perusahaan depan. Tuduhan lain mungkin terkait dengan suap yang diduga dibayarkan kepada anggota parlemen pada tahun 2013 untuk menyetujui reformasi sektor energi yang ditentang oleh Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador. Garcia Cabeza De Vaca adalah senator pada saat itu.

Tapi Gertz Manero tidak mengonfirmasi salah satu dari akun itu pada Rabu.

“Tidak boleh ada hal seperti ini sebagai balas dendam, atau jenis politik apa pun,” kata Gertz Manero, mencatat bahwa anggota parlemen akan diberikan bukti melawan gubernur, dan akan dapat menilai sendiri apakah tuduhan itu membenarkan menempatkannya diadili.

López Obrador berkata “kami tidak menganiaya siapa pun.”

Cabeza De Vaca, dari oposisi Partai Aksi Nasional, mengirim tweet yang menegaskan bahwa dia tidak bersalah dan mengeluhkan serangan politik.

Dalam akun Twitter resminya, Cabeza de De Vaca menyebut tuduhan itu “sekali lagi penggunaan keadilan partisan di mana tidak ada kejahatan. Serangan politik sedang diorganisir. ” Dia menambahkan, “Saya tidak pernah melanggar hukum.”

Dia telah memerintah negara bagian Teluk di selatan Texas sejak 2016. Kelompok kejahatan terorganisir telah lama mengakar di negara bagian itu dan banyak politisi terlibat dalam berurusan dengan mereka.

Mantan Gubernur Tomás Yarrington dari Institutional Revolutionary Party diekstradisi ke AS dari Italia pada 2018 untuk menghadapi dakwaan perdagangan narkoba. Pejabat AS juga telah mencoba mengekstradisi gubernur yang menggantikan Yarrington pada tahun 2005, Eugenio Hernández, untuk menghadapi tuduhan pencucian uang.

Kandidat utama untuk mengikuti Hernández pada tahun 2011, Rodolfo Torre Cantú, dibunuh saat berkampanye untuk jabatan.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/mexican-prosecutor-denies-political-charges-governor-76085374

Related Articles