Jaksa menargetkan gubernur negara bagian perbatasan Meksiko

by admin

Kantor Kejaksaan Agung federal Meksiko telah meminta Kongres untuk mencabut kekebalan hukum dari gubernur negara bagian perbatasan Tamaulipas sehingga dia dapat menghadapi potensi dakwaan atas kejahatan terorganisir dan pelanggaran lainnya.

MEXICO CITY – Kantor Jaksa Agung federal Meksiko pada hari Selasa meminta Kongres untuk mencabut kekebalan hukum dari gubernur negara bagian perbatasan Tamaulipas sehingga dia dapat menghadapi tuduhan potensial atas kejahatan terorganisir dan pelanggaran lainnya.

Petisi yang diajukan ke Kongres terhadap Gubernur Francisco Cabeza de Vaca seharusnya diratifikasi oleh jaksa penuntut pada hari Kamis.

Penghapusan kekebalan akan menjadi langkah pertama dalam proses panjang yang melibatkan investigasi oleh anggota parlemen dan oleh jaksa penuntut.

Cabeza de Vaca, dari oposisi Partai Aksi Nasional, mengirim tweet yang menegaskan bahwa dia tidak bersalah dan mengeluhkan serangan politik.

Dia telah memerintah negara bagian Teluk di selatan Texas sejak 2016. Kelompok kejahatan terorganisir telah lama mengakar di negara bagian itu dan banyak politisi telah terlibat dalam berurusan dengan mereka.

Mantan Gubernur Tomás Yarrington dari Institutional Revolutionary Party diekstradisi ke AS dari Italia pada 2018 untuk menghadapi dakwaan perdagangan narkoba. Pejabat AS juga telah mencoba mengekstradisi gubernur yang menggantikan Yarrington pada tahun 2005, Eugenio Hernández, untuk menghadapi tuduhan pencucian uang.

Kandidat utama untuk mengikuti Hernández pada tahun 2011, Rodolfo Torre Cantú, dibunuh saat berkampanye untuk jabatan.

Di akun Twitter resminya, Cabeza de Vaca menuduh Gerakan Renovasi Nasional Presiden Andrés Manuel López Obrador membocorkan “dugaan dugaan” sebagai bagian dari serangan politik.

“Saya akan menunggu untuk diberitahu untuk mendapatkan detail dan mengatur posisi saya. Saya tidak pernah melanggar hukum, ”ujarnya. “Saya akan membela diri dari pelecehan apa pun.”

Cabeza de Vaca, yang berasal dari kota perbatasan Reynosa, sebelumnya adalah seorang senator dan anggota kongres.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/prosecutors-target-mexican-border-state-governor-76080091

Related Articles