banner 728x250

Jambi Sumbang Taman Nasional Terbanyak Se Indonesia

  • Bagikan
banner 468x60

JAMBI (SR28) – Indonesia terkenal akan kekayaan bentang alam nya di mata dunia. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya taman nasional yang ada di Indonesia, yakni mencapai 54 taman nasional. Selain itu, bahkan 6 dari taman nasional di Indonesia telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO dan 9 diantaranya juga menjadi bagian dari Cagar Biosfer dunia.

Untuk Provinsi Jambi tersendiri meiliki luas kawasan hutan sekitar 2,1 Juta Hektar atau 41% dari luas Provinsi Jambi. Dari 2,1juta hektar itu terbagi-bagi ada taman nasional, hutan produksi, izin untuk perusahaan, cagar alam dan kawasan konservasi.

banner 336x280

Dari 54 taman nasional yang ada di indonesia, Provinsi Jambi menyumbangkan 4 (empat) Taman Nasional di dalamnya, yakni ;

  1. Taman Nasional Bukit 12
  2. Taman Nasional Berbak
  3. Taman Nasional Keinci Seblat
  4. Taman Nasional Bukit 30

Kepala Dinas Kehutanan Jambi Akhmad Bastari mengatakan “satu-satu nya provinsi se-indonesia yang paling banyak taman nasional nya itu dijambi, kita ada 4 taman nasinal”

Akhmad Bastari pun menambahkan “Karena 41% luas Provinsi Jambi adalah kawasan hutan sehingga hal itu menjadi suatu keuntungan dan tantangan, karena banyak nya kawasan hutan maka banyak pula kegiatan-kegiatan yang bertabrakan dengan fungsi kawasan hutan itu sendiri.”

Luas kawasan hutan kritis di Provinsi Jambi sekitar 188ribu, maka dari 2,1juta hektar kawasan hutan paling tinggi yang tutupan nya masih paling bagus yaitu 70%.

Dalam mempertahankan hutan yang tersisa Dinas Kehutanan Jambi melakukan kegiatan penanaman-penanaman, penanaman juga dilakukan guna mengejar tutupan kawasan hutan. Sejak tahun 2016 sudah sekitar 558.000 penanaman yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan, BPDAS, dan Pemegang Izin pinjam pakai. (Agus: Reporter: Widya)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan