Lebih dari 1,5 Juta Jemaah Haji Memulai Hari Tarwiyah di Mina

  • Bagikan
Lebih dari 1,5 juta jemaah haji turun ke kota tenda Mina pada Jumat, Hari Tarwiyah, menandai dimulainya ibadah haji tahunan.Foto: saudigazette.com

MINA (SR28) – Dengan lantunan “Labbaik Allahumma Labbaik” (“Here I am, O God, here I am answering your call”), lebih dari 1,5 juta jemaah haji turun ke kota tenda Mina pada Jumat, Hari Tarwiyah, menandai dimulainya ibadah haji tahunan.

Para jemaah yang datang dari seluruh penjuru dunia mulai tiba di Mina pada dini hari Jumat, 8 Dzulhijjah, untuk menghabiskan Hari Tarwiyah dengan berdoa dan memohon ampunan serta keselamatan di kota tenda. Menjelang malam Kamis, semua jalan dan jalan raya menuju padang luas Mina, yang terletak tujuh km timur laut Masjidil Haram, dipenuhi oleh jemaah yang berjalan kaki atau menggunakan kendaraan menuju tempat suci tersebut, di mana mereka akan berkemah di salah satu kota tenda terbesar di dunia pada hari Jumat.

Lantunan talbiyah menggema di seluruh lembah Mina dan jalan-jalan menuju kota tenda saat para jemaah berbondong-bondong ke lembah, memuji dan memuliakan Allah dalam suasana spiritual dan penuh iman. Haji, rukun Islam yang kelima, adalah salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia yang berlangsung selama 5-6 hari.

Lebih dari 1,5 juta jemaah dari sekitar 180 negara di seluruh dunia telah tiba untuk melaksanakan haji tahun ini dan mereka bergabung dengan ratusan ribu jemaah domestik. Jemaah yang tiba di Makkah pada Kamis melakukan Tawaf Al-Qudum (Tawaf Kedatangan), salah satu ritual wajib haji, sebelum menuju kota tenda luas di Mina.

Mengikuti tradisi mulia Nabi Muhammad (SAW), para jemaah akan menghabiskan hari dan malam di Hari Tarwiyah, di Mina. Pada hari pertama ritual haji, mereka akan berdoa dan melakukan persiapan akhir untuk Wukuf di Arafat, rukun haji yang paling penting, yang menandai puncak dari ibadah haji tahunan, pada hari Sabtu.

Dalam khotbah Jumat di Dua Masjid Suci, para imam mendesak jemaah untuk berdoa kepada Allah SWT agar mengampuni dosa-dosa mereka dan melaksanakan ritual haji dengan ketakwaan dan ketaatan penuh kepada Allah. Sheikh Bandar bin Abdulaziz, imam dan khatib Masjidil Haram di Makkah, dan Dr. Abdul Bari Al-Thubaiti, imam dan khatib Masjid Nabawi di Madinah, menekankan bahwa umat Islam harus bertakwa kepada Allah dalam segala aspek kehidupan mereka.

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, Dia akan melindunginya, menghilangkan kekhawatirannya, memudahkan urusannya, membuatnya mencapai keinginannya, menghindarkan kejahatan darinya, dan menjauhkannya dari dosa-dosanya. Haji adalah ibadah yang agung, di mana perselisihan menghilang, perbedaan larut, dan jiwa berbalik kepada Tuhan Bumi dan Langit, di mana tidak ada tempat untuk pamer warna kulit dan ras, dan di mana tidak ada yang lebih unggul dari yang lain kecuali melalui ketakwaan, pakaian terbaik,” kata Sheikh Bandar.

Para jemaah termasuk 3.322 tamu dari Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman. Di antara mereka ada 2.000 jemaah Palestina yang berasal dari keluarga para syuhada, tahanan, dan orang-orang yang terluka di Jalur Gaza dan wilayah pendudukan lainnya, serta 1.300 tamu dari lebih dari 88 negara, selain 22 jemaah dari keluarga bayi kembar siam yang berhasil dipisahkan di Kerajaan.

Otoritas Palestina mengatakan 4.200 jemaah dari Tepi Barat yang diduduki tiba di Makkah untuk haji. Haji tahun ini juga menyaksikan jemaah Suriah melakukan haji untuk pertama kalinya setelah jeda 12 tahun. Jemaah Suriah melakukan perjalanan ke Jeddah dengan penerbangan langsung pertama dari Damaskus dalam lebih dari satu dekade.

Sekitar 2.000 perwakilan media dari media lokal dan internasional, yang berasal dari 150 negara, berpartisipasi dalam liputan ibadah haji tahunan.

Otoritas Saudi dan misi haji dari berbagai negara telah menyelesaikan persiapan yang matang dan pengaturan yang sempurna sehingga memungkinkan jemaah menyelesaikan perjalanan mereka ke kota tenda Mina dengan lancar. Pergerakan jemaah berlangsung dengan lancar berkat pengaturan yang luas dari otoritas. Otoritas Saudi telah mengerahkan semua sumber daya manusia dan material mereka untuk membuat ibadah haji bebas hambatan dan sukses besar.

Haji tahun ini berlangsung dalam suhu yang sangat panas yang menguji ketahanan para jemaah selama ritual yang sebagian besar dilakukan di luar ruangan. Banyak jemaah terlihat membawa payung putih untuk melindungi diri dari terik matahari. Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan peringatan panas bagi jemaah terkait suhu permukaan yang menyengat, yang menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan.

Kementerian menyoroti panas yang intens di Makkah sebagai tantangan utama bagi haji. Paparan sinar matahari yang berkepanjangan bisa berbahaya, oleh karena itu kementerian mendesak jemaah untuk mengambil tindakan pencegahan. Kementerian menyarankan jemaah untuk membawa payung dan mencari tempat teduh kapan pun memungkinkan untuk menghindari sinar matahari langsung.

Penting untuk tetap terhidrasi dengan minum banyak air sepanjang hari, meskipun mereka tidak merasa haus. Jemaah juga disarankan untuk memperhatikan semua peringatan kesehatan dan instruksi yang diberikan oleh kementerian. Untuk membatasi paparan sinar matahari, jemaah sebaiknya menghindari keluar selama jam-jam panas puncak, biasanya dari pukul 11 siang hingga 3 sore. Mereka juga harus tetap sejuk dengan tidak berjalan di atau menyentuh permukaan panas seperti atap selama jam-jam puncak tersebut.

  • Bagikan