Pelatihan P3PD Provinsi Jambi Resmi Ditutup

  • Bagikan
Kepala DP3AP2 Provinsi Jambi Bersama Peserta

KOTA JAMBI (SR28) – Pelatihan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Provinsi Jambi yang digelar mulai sejak 20 September 2023 secara resmi ditutup pada hari Sabtu 18 November 2023 di Shang Ratu Hotel Jambi. Kegiatan pelatihan tersebut telah mengundang sebanyak 4.896 peserta dari 1.224 desa yang tersebar di 124 kecamatan dan 9 Kabupaten di Provinsi Jambi.
Guna menjaga efektivitas dan kondusifitas, kegiatan pelatihan P3PD ini digelar secara maraton dalam 13 angkatan yang masing-masing angkatan memiliki durasi waktu selama 4 hari.

Sedikitnya ada 58 orang instruktur dari berbagai OPD/institusi yang dilibatkan dalam pelatihan ini. Mereka berasal dari DP3AP2 Provinsi Jambi, Dinas PMD Kabupaten, Dinas Koperasi dan UMKM, Kesbangpol, TNI, POLRI serta Bank Jambi dan BRI.
Pelatihan P3PD Provinsi Jambi ini juga dibagi dalam beberapa tema, seperti:

  1. Pelatihan Penetapan dan Penegasan Batas Desa
  2. Pelatihan Aparatur Desa (Dasar)
  3. Pelatihan BPD
  4. Pelatihan Kerjasama Desa
  5. Pelatihan Penguatan PKK
  6. Pelatihan Penguatan Posyandu
  7. Pelatihan Penguatan LKD dan LAD

Kepala DP3AP3 Provinsi Jambi Drs Raden Najmi yang bertindak mewakili Gubernur Jambi pada penutupan tersebut mengapresiasi kepada Kemendagri yang telah memberikan fasilitasi pelatihan bagi ribuan Kepala Desa beserta jajaran, Ketua PKK, Ketua BPD serta Karang Taruna di desa.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemendagri melalui Dirjen Bina Pemerintah Desa yang telah memberikan pelatihan yang hebat ini. Melihat respon dari peserta dari awal hingga akhir ini kami optimis akan ada akselerasi geliat diberbagai Pemerintah Desa,” tegas Drs.Raden Najmi.

Sekretaris Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Dr.Paudah saat memberikan Sambutan

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Bina Pemerintahan Desa Dr. Paudah M.Si menyatakan jika esensi dari pelatihan ini adalah pada untuk peningkatan aparatur desa, utamanya pada kualitas belanja desa.

“Kita mengharapkan Pemerintah Desa bisa semakin meningkat kapasitasnya, luas wawasannya dan tentu berkualitas dalam penggunaan anggaran yang ada di desa” pungkas Dr. Paudah. M.Si.

Kepala DP3AP2 Provinsi Jambi Bersama Perwakilan Peserta

Pelatihan P3PD di Provinsi Jambi digelar di beberapa Hotel di Kota Jambi, antara lain Swissbel Hotel, Golden Harvest, Aston, Ceria, Odua Weston, Ratu Convention Center, Wiltop, Abadi Grand, Grand Hotel, Abadi Suite, V Hotel serta Cahaya Prima Hotel. (sdk)

  • Bagikan