Pembukaan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Tahun 2024 di Jambi: BPDPKS dan BPPSDMP Tingkatkan Kompetensi SDM Perkebunan

  • Bagikan
pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit.

JAMBI (SR28) – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bekerja sama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melalui Bapeltan Jambi sebagai UPT BPPSDMP. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit.

Kali ini perdana di tahun 2024 dilaksanakan pembukaan Pelatihan Teknis Budidaya Kelapa Sawit Angkatan I yang digelar tanggal 10-14 Juni 2024. Kegiatan kali ini dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan BPPSDMP. Turut hadir dalam kegiatan yaitu Kepala balai Pelatihan Pertanian Jambi, PLH Kadis TPHP kab. Sarolangun, Kasubbag Tata usaha, katimker Penyelenggara Pelatihan, Katimker Program dan Evaluasi, Widiyaiswara dan segenap unsur panitia.

Pelatihan ini diikuti oleh 45 orang peserta dari Kabupaten Merangin yang berprofesi sebagai pekebun, keluarga pekebun, penyuluh, tenaga pendamping, pengurus, pengurus poktan, gapoktan, koperasi, ASN dan masyarakat sekitar kebun kelapa sawit. Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan peserta dalam pengelolaan serta pembudidayaan kelapa sawit.

Kepala Pusat Pelatihan, Dr. Muhammad Amin, S.Pi, M.Si. dalam membuka kegiatan mengatakan bahwa, Pelatihan kali ini merupakan sarana untuk mendapatkan pengalaman, baik dari persiapan dan pelaksanaan budidaya kelapa sawit.

Selain itu beliau berpesan, “Ikuti pelatihan dengan serius agar yang disampaikan dapat melekat dan dapat diimplementasikan di kebun. Dengan adanya implementasi kita akan mengetahui permasalahan ataupun kendala, maka kita dapat menyelesaikan dengan tepat dan akurat,” ujar beliau.

Sedangkan PLH kepala dinas TPHP kab. Sarolangun berpesan kepada peserta untuk tetap semangat dan dapat mengelola kelapa sawit dengan benar agar dapat berlanjut ke depannya. (ags)

  • Bagikan