Pemkab Tanjabbar Kembali Gelar Festival Arakan Sahur

  • Bagikan
banner 468x60

KUALA TUNGKAL (SR28) – Festival Arakan Sahur di Bulan Ramadhan yang sudah menjadi kegiatan Rutin Pemkab Tanjab Barat,dan sempat terhenti selama Dua Tahun akibat Covid-19,tahun 2022 ini Pemkab Tanjab Barat kembali melaksanakan Kegiatan Festival Arakan Sahur Sabtu Malam (16/4/2022) yang diikuti Sepuluh peserta yaitu,”Remaja Masjid Agung,Bronut,Masjid Hidayatul Mutaqin,Masjid Darussalam,Masjid Nurul Iman,Masjid Ar-Rahmah,P emuda Kalimantan, Pemuda Panglima Ujung,Remaja Panglima Gang Setia dan Sanggar Seni Paduka Festival Arakan Sahur ini.

Selain itu dihadiri Wakil Bupati Tanjab Barat,juga dihadiri Wakil Gubernur Jambi, Drs.H.Abdullah Sani,M.Pdi bersama rombongan Forkompindanya, Selain itu turut hadir Ketua DPRD Tanjab Barat, Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD, Kabag, Pejabat Administrator, Camat sekabupaten Tanjab Barat.

banner 336x280

Festival Arakan Sahaur tersbut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanjab Barat, Hairan,SH.”dan diresmikan dengan pemukulan Beduk bersama Wakil Gubernur Jambi. Pelepasan peserta pertama Festival ArakanTahun 2022 ini dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Jambi dilanjutkan oleh Wakil Bupati Tanjab Barat.

Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Abdullah Sani,M.Pdi,Dalam sambutannya menghaturkan terima kasih pada semua pihak yg telah menginisiasi acara ini yang menjadi agenda rutin Pemkab Tanjab Barat,yang mana kegiatan Arakan Sahur ini Merupakan event wisata religi Kab. Tanjab Barat,dan sebagai upaya meningkatkan syiar Islam dan ukhuwah islamiah.

“Selain itu saya mengajak kita semua untuk mendukung Visi Jambi Mantap (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional) akhirnya saya berharaf event ini bukan hanya sebagai kegiatan seremonial saja tapi mempunyai arti penting sebagai upaya mensyiarkan agama Islam,” timpal Wagub.

Dikesempatan yang sama Wakil Bupati Tanjab Barat Hairan,SH menuturkan bahwa PemkabTanjab Barat kembali menyelengarakan festival arakan sahur ini untuk melestarikan budaya masyarakat, even ini diharafkan mampu menjadi perekat dalam mempersatukan seluruh lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak kita bisa kembali menggelar arakan sahur tahun ini untuk menjawab kerinduan masyarakat atas lantunan irama panggilan sahur terbingkai kedalam seni dan musik kearifan lokal di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan, dalam bentuk wisata religi.”saya harapkan dalam kegiatan ini kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga kondusifitas agar kegiatan dapat berjalan lancar,dan melalui kegiatan ini kita mampu memperperkuat jalinan silaturahmi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai suku dan agama,” papar Wabap Hairan.

Lanjut Wabup, beliau juga mengajak kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan bagi masyarakat yang belum vaksinasi agar segera mendatangi fasilitas kesehatan atau gerai vaksin yang sudah di sediakan panitia.

Dijelaskan nya bahwa event Festival Arakan Sahur ini telah terdaftar di Provinsi Jambi, “Insyaallah kedepan tanggung jawab kami bersama Pemmkab Tanjung Jabung Barat untuk dapat mendaftarkan Festival Arakan Sahur ini di Festival Tingkat Nasional dan kita juga berharap kedepan Bapak Menteri dapat hadir membuka acara ini Festival Ararakan Sahur di Kab.Tanjab Barat,” tandas Wabup.

Masih ditempat yang sama Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kab.Tanjung Jabung Barat,H.Mulyadi,S.Pdm.Kes, selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan Festival Arakan Sahur Pemkab Tanjab Barat kali ini sangat luar biasa. “Karena baru kali ini di hadiri langsung oleh Gubernur Jambi yang di Wakilkan Gubernur Jambi dan diharapkan dukungan dari Pemprov Jambi agar Event Festival Arakan Sahur ini menjadi Event Provinsi yang akan setiap tahun di laksanakan di Kabupaten Tanjab Barat,” imbuhnya.

Selain itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kab.Tanjung Jabung Barat,H.Mulyadi,menyampaikan laporannya bahwa di Festival Arakan Sahun Tahun 2022 ini Disparpora juga telah menyediakan hadiah bagi pemenang dan uang pembinaan senilai Rp 60 juta dengan rincian juara 1 Rp 20 juta+piala tetap, juara ll Rp 15 juta+piala tetap dan juara lll Rp 10 juta+piala tetap dan juara harapan l Rp 6 juta+piala tetap,juara harapan ll Rp 4 juta+piala tetap, juara harapan lll Rp 3 Juta+piala tetap dan juara favorit Rp 2 juta +piala tetap,”Pungkas nya. (Agus/Sabri)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan