Peran PKK Jambi Sangat Besar Membangun BUMDes

  • Bagikan
FB_IMG_1636813835624-675x450-1.jpg

JAMBI (SR28) – Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniasih Sudirman menjadi Narasumber pada Talkshow BUMDes Expo 2021 yang berlangsung di mal Transmart, Kota Jambi, Sabtu (13/11).

Hj. Iin Kurniasih Sudirman menjadi Narasumber bersama Kepala BPOM Provinsi Jambi Ahmad Rifki dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Dra. Luthpiah.

Hj. Iin Kurniasih Sudirman berkata PKK merupakan mitra Pemerintah dengan 10 program pokoknya. Yakni, penghayatan amalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, pemahaman tatalaksana rumah tangga.

lalu, pendidikan dan keterampilan, kesehatan,  pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

“PKK dalam 10 programnya membutuhkan kelompok-kelompok kerja yaitu pokja 1, Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4,” katanya.

Iin menjelaskan program unggulan Pokja 1 yaitu PAREDI (Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital). Kemudian, pokja 2 Gelar Pelangi merupakan mitra pokja 2 dalam BUMDes Ekspo yang bekerja sama dengan PKK Desa.

“Gelar Pelangi itu Gerakan Peningkatan Ekonomi Keluarga Indonesia yang dalamnya ada UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga,” ucapnya.

Pokja 3 ASUH, Amalkan dan Kukuhkan dan Pokja 4 Gagah Bencana (Tanggap dan Tangguh Bencana).

Lanjutnya, jika di kabupaten maupun provinsi namanya BUMD, sedangkan desa namanya BUMDes. Artinya pemerintah tidak boleh melakukan kegiatan usaha melainkan melalui BUMD atau BUMDes

Dimana peran PKK terhadap BUMDes mempunyai program yaitu ada pendataan dasawisma artinya PKK ini dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa hingga dasawisma yang menaungi 10-20 KK. Dari kelompok dasawisma mempunyai pencatatan biodata keluarga hingga pekerjaan dan lain lain.

Menurutnya, pemerintah desa harus bekerja sama dengan PKK untuk mengatahui potensi-potensi perekonomian yang ada di masyarakat. Peran BUMDes yaitu memasarkan produk-produk yang dibuat ibu-ibu untuk menunjang perekonomian.

“Kedepannya kami berharap Perangkat desa tidak boleh meninggalkan PKK karena peran PKK sangat besar dari keberhasilan BUMDes,”  jelasnya

  • Bagikan