Pjs Gubernur Jambi Sudirman Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

  • Bagikan
Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Dr. H. Sudirman saat memeberikan keterangan kepada awak media

JAMBI (SR28) – Pada Selasa, 1 Oktober 2024, Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Dr. H. Sudirman, SH., MH, bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Lapangan Kantor Gubernur Jambi. Acara ini menjadi salah satu peringatan penting dalam sejarah Indonesia, diadakan setiap 1 Oktober untuk mengenang peristiwa tragis pemberontakan Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia (G30S PKI), serta mengenang para pahlawan yang gugur demi menjaga keutuhan dan kejayaan Pancasila.

Mayor Infantri Marlianus Pasae, yang bertugas sebagai Danramil 415-12/Pasar Dim 0415/Jambi Rem 042/Gapu, memimpin upacara ini, dengan Riya Kudu, A.Md.Kep., sebagai Perwira Upacara. Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Provinsi Jambi, Muhammad Hafiz, membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila.

Dalam wawancara seusai upacara, Pjs. Gubernur Sudirman menekankan pentingnya peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen refleksi untuk mengingatkan bangsa tentang upaya-upaya mengganti Pancasila yang pernah terjadi di masa lalu.

“Alhamdulillah, Pancasila tetap sakti, dan peringatan ini mengingatkan kita untuk tidak mengulangi sejarah kelam tersebut,” ujarnya. Ia juga menggarisbawahi peran generasi muda dalam menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa dan benteng kekuatan negara.

Upacara ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Provinsi Jambi, Pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, serta tamu undangan lainnya, menunjukkan semangat kebersamaan dalam menjaga nilai-nilai luhur Pancasila. (ags)

  • Bagikan