Panduan Praktis: Belajar Statistik Secara Mandiri

  • Bagikan

Belajar sebuah subjek secara mandiri bisa menjadi cara yang baik untuk memperoleh pengetahuan dasar tanpa harus mengeluarkan uang untuk kursus mahal di perguruan tinggi. Statistik merupakan disiplin ilmu dalam ilmu data yang memberikan banyak manfaat bagi para pelajarnya, termasuk meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Memahami cara belajar statistik secara mandiri dapat membantu Anda membangun rutinitas pembelajaran yang efektif. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara belajar statistik secara mandiri dalam empat langkah mudah dan membahas beberapa tips yang membantu untuk perjalanan pendidikan yang sukses.

Apa Itu Statistik?

Statistik adalah ilmu matematika dan praktik pengumpulan, analisis, interpretasi, dan penyajian data. Biasanya, ilmuwan data adalah pengguna utama data statistik, meskipun ilmuwan, lembaga pemerintah, dan peneliti lainnya juga dapat menggunakan statistik untuk mengumpulkan dan menginterpretasikan kumpulan data tertentu. Memahami data statistik memungkinkan pembaca untuk mengidentifikasi tren, kekurangan, kejadian umum antara kumpulan data, dan untuk menetapkan nilai numerik pada informasi tersebut. Sebagai contoh, seorang ilmuwan data mungkin menentukan bahwa 50% dari orang yang memiliki gelar perguruan tinggi menghasilkan lebih dari $40.000 per tahun, menurut data statistik.

Apa yang Anda Pelajari dalam Statistik?

Mempelajari statistik memungkinkan Anda untuk mempelajari beberapa praktik matematika dan dapat membantu meningkatkan keterampilan analitis dan penalaran Anda. Berikut beberapa contoh apa yang mungkin Anda pelajari dalam statistik:

  • Cara membuat grafik, diagram, atau diagram organisasi lainnya untuk merepresentasikan data.
  • Cara mengumpulkan data yang akurat untuk penggambaran atau pengukuran.
  • Cara menganalisis data untuk informasi spesifik.
  • Cara mengidentifikasi tren data, kekurangan, atau kesamaan antara kumpulan data.
  • Cara menentukan informasi spesifik tentang kumpulan data, seperti rata-rata.
  • Bagaimana data statistik memengaruhi opini publik dan tindakan.

Mengapa Belajar Statistik?

Mempelajari untuk memahami bidang statistik menawarkan banyak manfaat, bahkan jika Anda belajar sendiri. Manfaat-manfaat ini dapat meliputi:

  • Memperkuat keterampilan pemecahan masalah Anda: Menganalisis informasi statistik dapat membantu memperkuat keterampilan pemecahan masalah Anda dan membuat Anda menjadi penyelesaian masalah yang lebih baik secara profesional atau di rumah.
  • Meningkatkan keterampilan analitis Anda: Belajar statistik dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan analitis Anda untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dan perbaikan pengujian data umum.
  • Meningkatkan keterampilan keuangan Anda: Statistik sering melibatkan kumpulan data keuangan. Memahami kumpulan data ini dapat meningkatkan keterampilan keuangan Anda secara keseluruhan dan membantu Anda meningkatkan disiplin keuangan Anda.
  • businessman using tablet analyzing and showing sales data business growth graph chart on virtual hologram with arrow up on global networking background, Digital marketing, Strategy and planning.
  • Membantu para ahli membuat keputusan yang lebih baik: Ilmuwan data dapat membantu para spesialis, seperti dokter, membuat keputusan yang lebih baik tentang perawatan menggunakan data statistik.
  • Meningkatkan keterampilan matematika Anda: Keterampilan matematika bisa sangat diinginkan bagi beberapa pemberi kerja, jadi mempelajari statistik dapat meningkatkan keterampilan Anda dan memungkinkan Anda mencari pilihan pekerjaan yang lebih baik.
  • Membantu membuat prediksi yang lebih baik: Dengan menggunakan data statistik, Anda dapat membantu membuat prediksi yang lebih baik tentang berbagai subjek atau tren, seperti tren keuangan atau tren perawatan kesehatan.

Cara Belajar Statistik Secara Mandiri

Berikut ini adalah cara Anda dapat belajar statistik secara mandiri dalam empat langkah mudah:

  1. Pelajari Konsep Inti
    Anda dapat memulai belajar statistik dengan mempelajari konsep inti dalam disiplin ini. Ini termasuk:
  • Statistik deskriptif: Satu statistik deskriptif adalah statistik yang merangkum fitur atau tren serupa dalam kumpulan informasi serupa. Bentuk jamak kata tersebut menggambarkan proses menganalisis statistik itu dan menggunakannya untuk tujuan tertentu.
  • Distribusi probabilitas: Distribusi probabilitas dalam statistik mengukur kemungkinan hasil yang berbeda untuk eksperimen yang diberikan. Metode ini membantu ilmuwan data menentukan hasil yang paling mungkin menggunakan variabel matematika dan konstan.
  • Pengujian hipotesis: Dalam statistik, peneliti sering membentuk hipotesis, yang merupakan prediksi berpendidikan tentang kumpulan data. Menguji hipotesis tersebut membantu menentukan apakah mereka benar dan faktor apa yang mempengaruhi hasilnya.
  • Analisis regresi: Analisis regresi dalam statistik adalah estimasi hubungan antara variabel independen dan dependen.
  1. Pelajari Pendekatan Bayes dan Frequentis
    Pendekatan Bayes dan Frequentis adalah dua pendekatan yang berbeda dalam data statistik. Anda dapat mempelajari salah satu atau keduanya, tetapi berguna untuk setidaknya mempelajari dasar-dasarnya untuk pemahaman yang lebih lengkap tentang bagaimana statistik berfungsi. Pada dasarnya, Frequentis mempelajari hanya probabilitas yang mungkin terjadi dengan data yang mereka kumpulkan sebelum analisis. Bayesian melakukan proses yang sama tetapi juga memperhitungkan ketidakpastian statistik sebelum mereka mengumpulkan datanya. Metode yang Anda pilih untuk dikuasai dapat mengubah pendekatan Anda terhadap statistik, jadi tentukan yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda lebih efektif sebelum berkomitmen pada salah satu.
  2. Teliti Pembelajaran Mesin
    Pemb
businessman using tablet analyzing and showing sales data business growth graph chart on virtual hologram with arrow up on global networking background, Digital marketing, Strategy and planning.

Pelajaran mesin dapat menjadi komponen penting dalam bidang statistik, karena mesin dan kecerdasan buatan membantu kita membuat dan menganalisis model statistik. Belajar tentang bagaimana pembelajaran mesin bekerja dalam statistik membantu memberi Anda pemahaman yang lebih lengkap tentang aplikasi statistik modern dan dapat mengajarkan Anda beberapa keterampilan pemrograman dasar. Belajar tentang kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin juga dapat membantu mempersiapkan Anda untuk algoritma komputer lanjutan atau perangkat lunak lain jika Anda memutuskan untuk mengejar karier dalam ilmu data.

  1. Berkolaborasi dengan Ilmuwan Data Lainnya
    Berkolaborasi atau belajar dengan orang lain bisa menjadi cara yang baik untuk menetapkan tanggung jawab untuk proses belajar, bertukar ide, dan memastikan konsistensi apa yang Anda pelajari. Pertimbangkan untuk belajar statistik dengan penggemar lain atau seorang mahasiswa yang menghadiri universitas. Membentuk hubungan seperti itu mungkin akan meningkatkan pengalaman belajar dan memungkinkan Anda menemukan jalur pembelajaran yang berbeda yang mungkin bekerja lebih baik. Anda juga bisa meminta seseorang dalam ilmu data untuk menjadi tutor Anda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih maju tanpa membayar biaya kuliah.

Tips untuk Belajar Statistik Secara Mandiri

Berikut beberapa tips yang membantu untuk belajar statistik secara mandiri:

  • Sediakan waktu untuk belajar. Statistik bisa menjadi subjek yang kompleks untuk dipelajari sendiri, jadi penting untuk meluangkan waktu yang tepat untuk studi Anda di tempat yang tenang.
  • Tentukan tujuan pembelajaran. Menetapkan tujuan pembelajaran dapat membantu Anda membuat rencana belajar yang lebih efektif dan memungkinkan Anda merayakan tonggak selama proses belajar, yang mungkin membantu memotivasi Anda untuk terus belajar.
  • Bersiaplah untuk kemunduran. Anda mungkin mengalami kemunduran selama proses pembelajaran Anda. Penting untuk menyiapkan respons yang sehat terhadap kemunduran tersebut untuk tetap termotivasi dan terus belajar.
  • Bagikan