banner 728x250

Presiden Meksiko ingin penyelidikan hakim yang memblokir rencana kekuasaan

  • Bagikan
banner 468x60

MEXICO CITY – Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador menuntut penyelidikan Jumat terhadap hakim yang memblokir sementara implementasi rencananya untuk mendukung pembangkit listrik pemerintah yang lebih tua dan kotor daripada fasilitas terbarukan dan berbahan bakar gas yang dibangun dalam banyak kasus oleh perusahaan asing.

López Obrador pernah mengatakan di masa lalu bahwa dia akan selalu menghormati cabang yudisial, tetapi pada hari Jumat dia secara praktis menuduh hakim membayar perusahaan energi swasta.

banner 336x280

“Kami ingin Badan Kehakiman (dewan) pengadilan federal meninjau tindakan para hakim ini, karena akan keterlaluan jika cabang peradilan negara itu melayani sektor swasta,” kata presiden.

Sebagai tanggapan, Asosiasi Nasional Pengadilan Sirkuit Federal dan Hakim Distrik menulis “satu-satunya komitmen kami adalah pada Konstitusi dan kemerdekaan (kami) untuk menjamin supremasi hukum”.

Jaminan konstitusional adalah bagian dari apa yang membuat hakim pada hari Kamis memberikan perintah pemblokiran undang-undang baru, dan banding presiden kemungkinan besar akan didasarkan pada hal yang sama.

Undang-undang baru López Obrador, yang mulai berlaku Selasa, mengatakan listrik pertama-tama harus dibeli dari pembangkit milik pemerintah, yang sebagian besar menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan diesel. Jika masih ada permintaan, listrik akan dibeli dari pembangkit listrik tenaga gas alam terbarukan dan swasta.

López Obrador mengatakan pada hari Jumat bahwa dia bersedia bernegosiasi dengan perusahaan asing jika mereka menerima kontrak yang kurang menguntungkan. Itu pernah dia lakukan sebelumnya, ketika dia mengancam akan membatalkan kontrak pipa gas alam untuk memasok pembangkit listrik kecuali jika perusahaan yang membangunnya setuju untuk mengubah kontrak mereka.

López Obrador mengatakan undang-undang itu dimaksudkan untuk melindungi pembangkit listrik berbahan bakar fosil milik pemerintah dari apa yang disebutnya persaingan tidak adil dari pembangkit listrik tenaga angin, matahari, dan gas alam milik swasta.

“Kami terbuka untuk mencari dialog, negosiasi,” kata presiden. “Kami berusaha untuk menghilangkan poin terburuk, yang paling merusak. Dan perusahaan dapat terus berbisnis, tetapi dengan keuntungan yang masuk akal, tetapi tanpa datang ke sini untuk mencuri. Biarkan mereka pergi ke tempat lain untuk mencuri. ”

López Obrador telah mengeluh di masa lalu bahwa pembangkit listrik energi terbarukan dan gas swasta mendapat preferensi yang tidak adil atas perusahaan listrik milik negara, dijamin harga tinggi untuk listrik mereka dan tidak diharuskan berkontribusi untuk membangun saluran transmisi untuk mendistribusikan listrik.

Namun masalah ini muncul ketika penggunaan listrik menurun selama pandemi. Akibatnya, perusahaan listrik milik negara, Federal Electricity Commission, menghadapi penurunan pendapatan dan peningkatan stok bahan bakar minyak yang harus dibakar meskipun bahan bakar kotor telah kehilangan pelanggan di seluruh dunia. Komisi juga mendapat tekanan untuk membeli batu bara dari tambang domestik.

Banyak pembangkit listrik tenaga angin, matahari, dan gas dibangun di Meksiko oleh perusahaan asing menyusul reformasi energi pemerintah tahun 2013 yang ditentang López Obrador. Presiden adalah pendukung kuat badan usaha milik negara dan bahan bakar fosil.

López Obrador juga mengambil sikap yang semakin nasionalis dalam beberapa bulan terakhir, mengatakan perusahaan energi asing harus “pergi mencuri di tempat lain” dan mengecam kritik feminis terhadap pemerintahannya sebagai “konsep yang diimpor.”

Undang-undang baru tersebut telah menarik keluhan dari kelompok bisnis swasta dan investor AS, dengan Kamar Dagang AS mengatakan pada bulan Februari undang-undang tersebut “akan secara langsung bertentangan dengan komitmen Meksiko” di bawah perjanjian perdagangan, yang dikenal sebagai USMCA, yang menempatkan batasan ketat pada berapa banyak pemerintah dapat lebih menyukai perusahaannya sendiri daripada pihak luar.

López Obrador berpendapat bahwa Meksiko harus menjadi swasembada energi, sebuah keyakinan yang katanya diperkuat setelah badai musim dingin di Texas menghentikan sementara pasokan gas alam impor awal tahun ini.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/mexico-president-probe-judge-blocked-power-plan-76420788

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan