Sani Sebut Jambi Jadi Provinsi Pertama Cepatan Penurunan Stunting

  • Bagikan

SR28JAMBINEWS.COM, JAMBI-Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani menghadiri dan membuka kegiatan Penilaian Kinerja Delapan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Jambi tahun 2023.

Wagub Jambi yang sekaligus menjadi Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Jambi dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ini merupakan bentuk wujud nyata atas komitmen bersama dalam menjalankan dan melaksanakan amanat dalam upaya percepatan penurunan stunting.

“Apresiasi juga kami ucapkan kepada Bappeda Provinsi Jambi yang telah melaksanakan Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Stunting ini, karena dari 34 Provinsi se-Indonesia, Pemerintah Provinsi Jambi menjadi Provinsi pertama se-Indonesia yang telah melaksanakan Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Stunting sesuai amanat dari Kementerian Dalam Negeri,” katanya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi telah berkomitmen untuk percepatan penurunan stunting dengan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jambi Nomor 362/KEP.GUB/BAPPEDA-3/2022 tentang Pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Jambi, pada 19 April 2022 lalu.

“Dan saya berharap tahun ini juga akan ditetapkan Peraturan Gubernur Jambi tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Angka Stunting Provinsi Jambi,”tambahnya.

Selanjutnya terkait Penilaian Kinerja delapan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Jambi merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dilakukan agar Kabupaten/Kota dalam mendapatkan umpan balik dan pembelajaran dalam upaya meningkatkan konvergensi intervensi gizi.

Semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya dalam upaya konvergensi intervensi, dan terciptanya koordinasi dan sinkronisasi serta keterpaduan program kegiatan penanganan stunting yang valid dan update antar instansi.

Dijelaskan Oleh Wagub bahwa sebelum kegiatan hari ini, Tim Panelis Penilaian Kinerja Provinsi Jambi telah melaksanakan agenda pra penilaian kinerja pada 14-16 Maret 2023 di Bappeda Provinsi Jambi dengan mengundang Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi dalam hal ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati dan Wakil Walikota se-Provinsi Jambi.

“Pelaksanaan penilaian kinerja ini diharapkan dapat memacu peran pemerintah daerah dalam pemenuhan pelayanan dasar untuk mempercepat penanganan stunting dengan meningkatkan konvergensi keterpaduan program kegiatan,” tuturnya.

Abdullah Sani selaku ketua TPPS Provinsi Jambi juga mengucapkan terimakasih dan mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh lintas sektor dalam percepatan penurunan stunting dan Ia juga menghimbau pada seluruh stakeholder untuk meningkatkan kinerja.

Selain Wagub Provinsi Jambi Abdullah Sani turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Dr. Munawar Ibrahim, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Bupati/ Walikota, Kepala OPD Pemprov Jambi, Kepala Instansi Vertikal dan stakeholder lainya

  • Bagikan