Setidaknya 7 polisi Myanmar menyeberang ke India untuk mencari perlindungan

by admin

Pejabat di timur laut India mengatakan mereka telah menahan setidaknya tujuh polisi Myanmar yang memasuki India mencari perlindungan setelah militer kuat negara itu menggulingkan pemerintah terpilih dalam kudeta.

NEW DELHI – Polisi di negara bagian Mizoram timur laut India telah menahan setidaknya tujuh polisi Myanmar yang memasuki India mencari perlindungan sebulan setelah militer kuat negara itu menggulingkan pemerintah terpilih dalam kudeta, kata para pejabat Kamis.

Hakim Maria Zuali mengatakan empat polisi tiba di daerah Champai negara bagian pada 28 Februari, dan penduduk desa setempat menyerahkan mereka kepada otoritas negara pada 1 Maret.

Petugas polisi Lalnunzira, yang menggunakan satu nama, mengatakan tiga polisi lainnya menyeberang ke wilayah India dekat desa Lungkawlh pada Rabu sore. Desa ini berjarak 13 kilometer (8 mil) dari perbatasan dengan Myanmar.

“Ketiga polisi itu mengatakan mereka lari dari negara itu karena tentara Myanmar mengikuti jejak mereka setelah mereka menolak untuk mematuhi beberapa perintah,” kata petugas polisi itu.

Dia tidak menjelaskan perintah apa yang ditolak ketiga polisi itu. Dia mengatakan mereka mengenakan pakaian sipil dan tidak membawa senjata apa pun ketika ditemukan di dalam wilayah India.

Laporan media yang belum dikonfirmasi mengatakan lebih banyak polisi Myanmar telah menyeberang ke negara bagian itu.

India berbagi perbatasan sepanjang 1.643 kilometer (1.020 mil) dengan Myanmar, di mana lebih dari 50 orang, sebagian besar pengunjuk rasa damai, telah tewas sejak kudeta militer 1 Februari.

Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/myanmar-policemen-cross-india-seeking-refuge-76245625

Related Articles