Wagub Sani : Bangun SDM Dengan Nilai Agama dan Al-Qur’an

  • Bagikan
Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023
Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023

JAMBI (SR28) – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023 yang dilaksanakan di Kabupaten Sarolangun. Penutupan MTQ ke-52 ini berlangsung di Arena Utama MTQ, Lapangan Gunung Kembang, Kabupaten Sarolangun, Selasa (29/8/2023) malam, dengan menghasilkan Kota Jambi sebagai juara umum.

Wagub Sani menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Jambi ini, selain untuk memotivasi para qori dan qori’ah di Provinsi Jambi, juga guna mencari bibit-bibit qori dan qori’ah terbaik yang nantinya dapat menjadi wakil Provinsi Jambi di ajang MTQ tingkat nasional. Selain itu Wagub Sani juga mengajak seluruh masyarakat untuk membangun SDM (Sumber Daya Manusia) dengan nilai-nilai agama dan Al-Qur’an.

“MTQ merupakan wahana yang sangat penting dan bermanfaat dalam Pembangunan SDM, selaras dengan salah satu misi dalam Visi Jambi MANTAP, yakni memantapkan kualitas Sumber Daya Manusia, karena pembangunan SDM bukan hanya dari segi ilmu pengetahuan, tetapi juga dari segi akhlak dan karakter,’’ ujar Wagub Sani.

“Dalam suatu perlombaan, tentunya ada yang juara, kepada para peserta yang belum berhasil meraih juara jangan berkecil hati, teruslah berlatih. Insya Allah di tahun-tahun mendatang akan memperoleh hasil yang maksimal,” lanjut Wagub Sani.

Menurut Wagub Sani, menjadi juara itu baik, tetapi itu jangan menjadi tujuan utama, karena semua ini harus dimaknai sebagai upaya bersama untuk terus mensyi’arkan dan membumikan Al-Qur’an melalui irama seni membaca Al-Qur’an di masjid-masjid maupun rumah-rumah yang di dalamnya ada pendidikan membaca Al-Qur’an.

Pada kesempatan tersebut Wagub Sani juga berpesan kepada para qori dan qori’ah untuk terus menghidupkan seni baca Al-Qur’an, karena keutamaan membaca Al-Qur’an ini cukup banyak.

“Salah satunya sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmizi dari sahabat Abdullah Ibnu Masud Radiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah bersabda, Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. Dapat dibayangkan begitu besarnya pahala yang didapatkan seandainya secara konsisten dan tekun membaca Al-Qur’an,” ungkap Wagub Sani.

Selain itu, Wagub Sani juga berharap MTQ Ke-52 ini mendapat kesan yang baik bagi seluruh peserta dan kedepannya penyelenggaraan MTQ ini bisa lebih baik lagi.

“Saya berharap pelaksanaan MTQ Ke-52 Tingkat Provinsi Jambi ini menjadi kesan terbaik bagi seluruh peserta dan kepada semua pihak yang terlibat, pemerintah daerah, pihak keamanan TNI-POLRI, dan masyarakat yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan MTQ ini, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” pungkas Wagub Sani.

Penutupan MTQ Ke-52 Tingkat Provinsi Jambi ini turut dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun Bachril Bakri, para pejabat tinggi lingkup Provinsi Jambi dan kabupaten/kota se-Provinsi Jambi serta para tamu undangan lainnya. (ags)

  • Bagikan