Wakil Gubernur Jambi Hadiri Pelepasan Festival Takbiran Idul Adha 1445 H di Tanjung Jabung Barat

  • Bagikan
Wagub Sani mengapresiasi penyelenggaraan festival oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat

TANJAB BARAT (SR28) – 16 Juni 2024 Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I., menghadiri acara pelepasan Festival Takbiran Idul Adha 1445 H yang berlangsung di halaman Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Barat pada Minggu malam. Acara tersebut digelar dengan tujuan untuk menyampaikan pesan perdamaian antar umat beragama serta menjadi sarana hiburan bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Sani menekankan pentingnya festival ini dalam menyebarkan pesan moderasi beragama di tengah masyarakat. “Selain menjadi sarana hiburan masyarakat, acara ini juga bertujuan untuk dapat mendistribusikan pesan perdamaian dan moderasi beragama di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Wagub Sani berharap bahwa acara ini mampu memberikan pesan mendalam dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebhinekaan, persatuan, dan toleransi antar umat beragama.

“Kita mengharapkan adanya event ini mampu mendorong masyarakat untuk menjaga kebhinekaan, menjadi gerakan kolektif masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjaga keharmonisan dan merawat toleransi antar umat beragama,” tambahnya.

Lebih lanjut, Wagub Sani mengapresiasi penyelenggaraan festival oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, serta menyoroti berbagai festival lainnya yang turut merayakan hari besar keagamaan.

“Ada festival arakan sahur, ada juga festival takbiran Idul Fitri dan Idul Adha, dan ini merupakan wujud perayaan hari besar keagamaan,” tuturnya.

Beliau juga menekankan bahwa festival ini bukan hanya sebagai sarana sosialisasi perdamaian, tetapi juga berpotensi menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat melalui penyelenggaraan event berskala nasional. “Beberapa waktu lalu, kita menyelenggarakan Festival Arakan Sahur yang masuk ke dalam agenda Karisma Event Nusantara 2024 yang digagas Kemenparekraf RI,” tutup Wagub Sani.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat, H. Anwar Sadat, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga, melestarikan, serta menumbuhkan kecintaan terhadap nilai-nilai keislaman.

“Melalui penyelenggaraan festival yang menampilkan beragam kreasi dan inovasi dari para peserta, kita harapkan menjadi pelopor bagi generasi muda dalam mensyiarkan ajaran agama di tengah masyarakat,” ujar Anwar Sadat.

Acara pelepasan Festival Takbiran Idul Adha ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Festival ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkokoh persatuan di tengah keberagaman masyarakat Jambi. (ags)

  • Bagikan