Afrika Selatan membuka kembali perbatasan daratnya saat kasus virus menurun

  • Bagikan

JOHANNESBURG – Afrika Selatan telah membuka kembali perbatasan darat utamanya dengan negara tetangga setelah menutupnya bulan lalu untuk mencegah penyebaran virus COVID-19.

Menteri Dalam Negeri Aaron Motsoaledi, yang akan memeriksa pembukaan kembali pos perbatasan Lebombo dengan Mozambik pada Senin, mengatakan Afrika Selatan sedang bekerja dengan negara-negara tetangga untuk memastikan pergerakan orang yang lebih sederhana.

Pos perbatasan lain yang akan dibuka kembali termasuk pos perbatasan Beitbridge dengan Zimbabwe dan titik penyeberangan dengan Lesotho, Botswana, Namibia dan Eswatini (sebelumnya dikenal sebagai Swaziland).

Sebelum perbatasan ditutup pada Januari, ada laporan masalah di kantor imigrasi, termasuk pelancong yang menggunakan tes COVID-19 palsu.

“Kami mengimbau para pelancong untuk memastikan bahwa mereka memiliki semua dokumen perjalanan yang diperlukan, termasuk tes COVID-19 yang valid, ketika mereka menampilkan diri kepada pejabat di perbatasan kami,” kata Motsoaledi.

Siapa pun yang ditangkap di pos perbatasan dengan sertifikat COVID-19 palsu akan dilarang mengunjungi Afrika Selatan untuk jangka waktu setidaknya lima tahun, kata Motsoaledi.

Afrika Selatan telah mengalami penurunan infeksi COVID-19 baru, membuat negara itu mencabut beberapa peraturan penguncian yang lebih ketat seperti penutupan perbatasan darat.

Afrika Selatan, dengan total kumulatif hampir 1,5 juta kasus, termasuk 47.000 kematian, merupakan 41% dari semua kasus yang dikonfirmasi di 54 negara Afrika, mewakili 1,3 miliar orang. Setelah kebangkitan kasus, rawat inap, dan kematian secara dramatis pada Januari, angka COVID-19 Afrika Selatan menurun, dengan 1.744 infeksi baru dan 78 kematian dilaporkan dalam 24 jam terakhir.

MAP1 IMAGES1 ES2
Sumber : https://abcnews.go.com/International/wireStory/south-africa-reopens-land-borders-virus-cases-decline-75901320

  • Bagikan