Dibalik Perjuangan Pak Rohmat, Dermawan Di Tengah Kesulitan

  • Bagikan
banner 468x60

JAMBI (SR28) – Kebijakan Work From Home (WFH) yang diterapkan oleh pemerintahsejak meluasnya wabah corona di Indonesia 2 tahun belakangan, sangat dirasakan
dampaknya oleh mereka yang berpenghasilan harian.

Langkah yang dilalui para pekerja harian yang ada di Jambi pun bermacam-macam. Salah satunya Pak Rohman (43thn) seorang kernet mobil yang terpaksa beralih mencari pundi-pundi rupiah karena merasakan dampak yang tinggi dari kondisi pandemi 2 tahun lalu.

banner 336x280

Di tengah kondisi tersebut, Pak Rohman memiliki tanggungan 4 orang putra/i yang tinggal disebuah gubuk kecil peninggalan orangtua berukuran 4x8m. Pak Rohman juga tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Kondisi ekonomi yang sering tersendat membuat salah satu putra beliau pada akhrinya putus sekolah. Karena kondisi ekonomi yang
sangat pahit beliau alami, mulai dari tidak bisa menyokong pembayaran hingga kebutuhan pendidikan anaknya.

Lika-liku perjuangan Pak Rohman dalam mencari nafkah tidaklah mudah. Menghidupi
seorang istri dan 4 orang anak dengan sekuat kemampuan dirinya. Sejak mengenal
Grab, Pak Rohman mencoba untuk bisa mengadu nasibnya menjadi seorang driver online. 

Pendapatan yang seadanya ini membuatnya selalu bersyukur di tengah kondisi ketebatasan yang dijalaninya. Rasa syukur itu pun selalu tercermin di setiap langkah Pak Rohman, ia memiliki jiwa dermawan yang sangat tinggi diantara rekan seperjuangannya walaupun keterbatasan yang ia miliki saat ini. Ia sering kali menjadi salah satu garda terdepan di setiap situasi emergency yang menghampirinya. Berusaha terus membantu rekan yang kesulitan.

“Saya tahu bagaimana rasanya tidak bisa makan karena tidak ada uang. Oleh karenanya saya mencoba untuk menyisihkan sebagian uang saya untuk bisa berbagi walaupun dengan kondisi yang terbatas,” ujar Pak Rohman.

Keterbatasan yang dihadapi Pak Rohman bukanlah menjadi sebuah penghambat
dirinya dalam berbagi dan membantu sesama.

Jiwa besar kedermawanan serta rasa kepedulian kepada orang-orang sekitar patut menjadi teladan bagi kita bahwa kita harus lebih banyak bersyukur di tengah kondisi apapun.

Ia selalu mendedikasikan tenaga dan pikirannya untuk bisa membantu saudara yang kesulitan walaupun tidak dipungkiri bahwa beliau pun dalam keadaan sulit. Banyak hal yang dilakukan beliau dalam menomorsatukan kepedulian kepada lingkungan sekitar. Beliau rela tidak mendapat orderan penumpang hanya demi menolong orang lain yang membutuhkan bantuannya.

“Walaupun dengan profesi saya yang hanya sebagai ojol, namun tidak menyurutkan
kontribusi saya untuk bisa berbagi dan membantu sesama. Sering kali di perjalanan menemukan situasi emergency kecelakaan atau ada yang meninggal saya bergegas menertibkan maupun membuka jalan agar kiranya saudara yang tertimpa musibah bisa segera tertangani,” ucap Pak Rohman sambil menundukkan kepala.

Selasa, 14 Juni 2022 ACT Jambi bersama Area Manager Sumbagsel Grab, Andi Balqis Yunus beserta tim City Lead Grab Jambi memberikan hadiah terbaik sebagai bentuk apresiasi untuk kebutuhan Pak Rohman dan keluarganya. Seorang Driver Online Grab yang memiliki Jiwa Dermawan di tengah Perjuangan Hidup yang dialaminya.

Hal ini merupakan respon kami dari ACT sebagai lembaga kemanusiaan menjamin ketersediaan pangan dan juga menyampaikan amanah donatur untuk bisa meluaskan manfaat bagi masyarakat yang kesulitan. Utamanya, bagi masyarakat yang memang sedang mengalami surutnya penghasilan.

Sementara itu hal serupa juga disampaikan Area Manager Sumbagsel Grab, Andi
Balqis Yunus. Selain mengapresiasi perjuangan hidup Pak Rohman dan jiwa kedermawanannya dalam bermasyarakat serta totalitasnya di setiap semangat gotong royong, tak luput himbauan para pengemudi ojol dimanapun berada untuk lebih sigap
tanggap dalam menumbuhkan sikap social yang tinggi kepada siapapun. Baik di waktu mendapat order di lapangan, maupun di lingkungan tempat tinggal berada.

“Saya sangat senang sekali bisa membersamai kegiatan hari ini. Tentunya bersama ACT Jambi yang juga menjadi jembatan kebaikan bagi para driver kami yang memang secara kondisi ekonomi perlu kita support. Kami berharap sinergi dan kolaborasi ini bisa
terus berlanjut dan lebih memasifkan lagi gerakan kebaikan secara luas melalui media grab yang kami punya sehingga bisa banyak lagi yang bisa diajak untuk giat kedermawanan ini kolaborasi yang menghasilkan manfaat,” pungkas Andi Balqis. (Agus/Sidik)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan