Elotansia Sukses adakan Sekolah Konservasi Bersama Rumah Baca Kakita

  • Bagikan

Program Sekolah Konservasi yang diadakan oleh Elotansia yang berkolaborasi dengan Rumah Baca (RB) Kakita di penghujung tahun, Kamis, 29 Desember 2022 berjalan lancar dan berlangsung dengan sukses. Elotansia bekerjasama dengan Komunitas RB Kakita menghadirkan kegiatan liburan yang berbeda dari biasanya. Kegiatan tersebut berupa kegiatan mengenal alam secara lebih dekat dengan mengusung tema “Berteman dengan Alam: Wisata Eko-Eduliterasi” dan memberi pengalam baru bagi peserta. Adapun peserta dari kegiatan ini terdiri dari anak-anak dengan rentang usia 4-20 tahun.

Kondisi saat ini menunjukkan bahwa minimnya informasi mengenai pengetahuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat tentang nilai – nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat mengakibatkan ketidak pedulian terhadap lingkungan. Melihat permasalahan tersebut, Sekolah Konservasi hadir dengan tujuan untuk mengisi waktu libur sekolah dengan kegiatan yang ramah lingkungan sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi anak-anak dari RB Kakita saat masa berlibur. Selain itu juga, untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk tetap melestarikan, menjaga dan melindungi lingkungan.

Kegiatan diadakan di Universitas Jambi Gedung Mendalo yang diikuti oleh 27 anak yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Jambi. Dengan didampingi oleh kakak fasilitator Elotansia dan kakak relawan RB Kakita, peserta mengenal sistem pengelolaan sayur organik di Smart Agriculture Fakultas Pertanian (Faperta) bersama Bapak Fuad Nurdiansyah, SP., M.PlaHBio., Ph.D selaku akademisi. Beliau memaparkan sistem kerja robot-robot yang ada di lahan pertanian berupa pertanian pintar yang telah digunakan di Faperta. Peserta juga melihat secara langsung bagaimana bentuk ‘robot’ yang digunakan untuk penyiraman tanaman.
Peserta pun dikenalkan dengan hewan-hewan ternak yang berada di kandang ternak Fakultas Peternakan (Fapet) bersama Bapak Bastian selaku pengurus harian. Selain itu, peserta juga diajak untuk berimajinasi denan mendengarkan dongeng dari hutan yang disampaian dengan menarik.

Lalu nilai-nilai konservasi juga turut ditanamkan pada peserta dengan tujuan supaya dapat lebih bersahabat dengan alam.
Kerja sama antara Kakak Fasilitator Elotansia dan Kakak-kakak Relawan RB Kakita turut andil dalam menyukseskan acara ini sehingga peserta dapat menikmati kegiatan dengan optimal.
Salah seorang orang tua yang ikut mendampingi anaknya secara tidak langsung juga turut menjadi peserta mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, “Anak-anak medapat banyak pengalaman baru dan bisa explore banyak hal yang berkaitan dengan lingkungan”.

Selain itu orang tua tersebut juga berharap kegiatan serupa bisa diadakan kembali.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *