Gubernur Al Haris Tegaskan Pentingnya PAUD dalam Membangun Generasi Emas

  • Bagikan
Gubernur Jambi Al Haris bersama Hj Hesnidar Haris

JAMBI (SR28) – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH menekankan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai jenjang pendidikan pra sekolah untuk mencetak generasi berkualitas dan berkarakter. Hal ini disampaikan Gubernur saat menghadiri Sosialisasi dan Advokasi Penguatan Implementasi Gerakan Nasional Transisi PAUD ke-SD yang Menyenangkan, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Ke-40 dan menyambut HUT ke-79 RI Tahun 2024, bertempat di EV Garden, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Gubernur Al Haris menyatakan bahwa pemerintah bangga dengan adanya Bunda PAUD, yang bertugas mendidik, membimbing, dan mengkoordinasikan semua PAUD di daerah masing-masing. Tugas Bunda PAUD mencakup pembuatan rencana program dan kegiatan tahunan untuk mendukung layanan PAUD berkualitas, serta melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap layanan PAUD, baik di kampung maupun pedesaan.

Al Haris menekankan pentingnya memastikan bahwa sekolah-sekolah PAUD di seluruh Provinsi Jambi dalam keadaan baik dan pengajarnya profesional. Sosialisasi dan advokasi ini menjadi momentum penting untuk bersama-sama membangun masa depan anak-anak, dimulai dari transisi yang mulus dan menyenangkan dari PAUD ke Sekolah Dasar (SD). Ia juga menyadari bahwa beberapa PAUD dalam kondisi memprihatinkan, tetapi tetap beroperasi dan berkembang di wilayahnya masing-masing.

Gubernur Al Haris menekankan pentingnya mengisi pengembangan anak usia dini dengan hal-hal positif dan inovatif. Pendekatan menyeluruh yang mengintegrasikan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, termasuk kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak, diharapkan dapat membantu anak-anak berkembang dengan baik, memiliki karakter, semangat belajar tinggi, serta bekal yang cukup untuk menghadapi masa depan yang lebih baik. Peran pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta sangat penting dalam mencapai tujuan ini.

“Saya ucapkan selamat Hari Anak Nasional ke-40 dan selamat mengikuti Sosialisasi dan Advokasi Penguatan Implementasi Gerakan Nasional Transisi PAUD ke-SD yang Menyenangkan. Semoga memberikan nilai yang bermanfaat bagi kita semua,” kata Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi yang juga merupakan Bunda PAUD dan Bunda Literasi, Hj. Hesnidar Haris, mengapresiasi para ketua guru PAUD se-Provinsi Jambi yang telah mengawal anak-anak sebagai generasi sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Ia juga menekankan pentingnya mengawal transisi dari PAUD ke SD dengan menghilangkan tes calistung dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama, dan menerapkan pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi anak di PAUD dan SD. Guru harus mengenal murid dan tidak langsung menerapkan pembelajaran yang kaku.

“Transisi sangat penting dilakukan karena sebagai fondasi yang kuat dan langkah pertama anak-anak kita menuju perjalanan panjang dalam dunia pendidikan. Untuk itu, tugas kita untuk memastikan pemenuhan hak kemampuan fondasi anak usia dini dengan menjadikannya semenyenangkan mungkin, agar anak-anak kita bisa melaluinya dengan aman dan bahagia menuju Sekolah Dasar,” pungkas Hj. Hesnidar Haris.

Dalam kegiatan ini, Gubernur Al Haris juga mengukuhkan Hj. Hesnidar Haris sebagai Bunda Literasi, yang bertugas memberi edukasi terhadap minat baca anak-anak dan meningkatkan minat baca mereka. (ags)

  • Bagikan