Hari Sumpah Pemuda Ke-93, Abdullah Sani Tegaskan Pemuda Sebagai Penentu Masa Depan Bangsa Indonesia

  • Bagikan
banner 468x60

KOTA JAMBI (SR28)- Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani mengikuti peringatan hari Sumpah Pemuda ke- 93 tahun 2021 secara virtual, Kamis (28/10) di ruang Pola Kantor Gubernur. Turut hadir mengikuti kegiatan ini Sekda Provinsi Jambi H. Sudirman,S.H,M.H.  dan para perwakilan dari unsur Forkopimda Pemerintah Provinsi Jambi. Usai mengikuti secara virtual peringatan Sumpah Pemuda bersama Presiden,  Wakil Gubernur  menyerahkan secara langsung uang binaan kepada pemenang pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021 Bidang Pendidikan dan Bidang Kepeloporan Pangan .

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan 54 orang Purna Paskibraka sebagai Duta Pancasila Provinsi Jambi Tahun 2021 yang juga diikuti Pengukuhan Purna Paskibraka Duta Pancasila Kabupaten Kota secara virtual.

banner 336x280

Sumpah Pemuda ke – 93 juga dihadiri secara virtual oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Pada Sumpah Pemuda yang ke- 93 ini mengusung tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh.  Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa di era digital saat ini pemuda memiliki peran sentral menjadi pemimpin perubahan . Karena pemuda merupakan kekuatan terbesar dari bonus demografi bangsa Indonesia yang memiliki jiwa pemberani untuk mengambil resiko dan merebut peluang yang ada serta inovatif.

Dalam sambutannya Wagub menyatakan bahwa Peringatan Sumpah Pemuda, menjadi momentum yang menjadi cikal bakal persatuan dan kesatuan Indonesia dengan seluruh kemajemukan dan keberagaman di dalamnya. “Syukur alhamdulillah, founding fathers (para pendiri bangsa) kita sudah menetapkan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Ini merupakan konsensus yang harus kita jaga, kita pertahankan, dan kita rawat bersama. Istilah Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua merupakan istilah familiar kita dengar, yang maknanya sangat dalam, untuk Persatuan Indonesia. Dan dengan Bhinneka Tunggal Ika itu pula, Indonesia menjadi contoh dalam mempertahankan dan merawat toleransi dan persatuan bagi negara-negara di dunia,”ujar Wagub.

Ditemui usai kegiatan Wagub kembali menegaskan pentingnya peranan pemuda dalam kemerdekaan Indonesia. “ Dari sejarah ini dapat kita ketahui, bahwa ternyata kemerdekaan Indonesiia ini tidak kecil perannya dari pemuda, oleh karena itu kepada adik – adik dan yang baru  dikukuhkan ini saya minta, jadilah teladan, untuk mengamalkan Pancasila , jangan sampai tergoyahkan oleh paham paham baru. Apa yang disampaikan pada pembekalan tadi, jangan hanya menjadi slogan saja, tapi tolong dipahami dengan benar apa itu Pancasila dan UUD 1945”ujar Sani.

Wagub juga menjelaskan bahwa tugas sebagai Duta adalah menyebarluaskan semangat dan ideologi Pancasila. “Saya mengajak pemuda warga Jambi untuk memberikan pemahaman tentang Pancasila, dan pemuda adalah pemimpin masa depan. Dan kepada masyarakat Jambi juga kami mohon, kita bimbing adik-adik kita ini supaya mereka juga lebih semangat dan mengamalkan Pancasila,”ucapnya. (Maria/ Foto: Novriansah, Kamerawan: Ardi Susianto).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan