Inilah 4 Capres PDIP Terkuat, Siapa yang Akan Maju di 2024?

by admin

Jakarta

Sejumlah nama politisi PDIP muncul dalam survei Pilpres 2024 oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Siapa yang akan maju?

Survei LSI dirilis Senin (22/2/2021) melalui siaran YouTube oleh direktur eksekutifnya, Djayadi Hanan. Survei LSI menggunakan metode survei pengambilan sampel acak multistage dengan 1.200 responden sebagai sampel dasar. Margin of error dari ukuran sampel yaitu +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden terpilih diwawancarai secara langsung oleh pewawancara yang telah dilatih untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Survei dilakukan pada 25-31 Januari 2021.

Dalam survei atas pikiranAda 2 kader PDIP dari 5 besar calon terkuat yang dipilih oleh responden yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Jokowi tentu tidak bisa mencalonkan diri sebagai presiden lagi karena memiliki dua masa jabatan.

Survei tersebut kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan semi terbuka. Alhasil, muncul nama kader PDIP selain Ganjar Pranowo. Berikut namanya:

1. Ganjar Pranowo: 10.6% (kedua dalam survei)
2. Ahok: 7,2% (keempat dalam survei)
3. Tri Rismaharini: 5,5% (keenam dalam survei)
4. Puan Maharani: 0,1% (peringkat ke-22 dalam survei)

LSI kemudian melakukan survei pemilihan presiden dengan simulasi tertutup terhadap 14 nama. Dalam simulasi ini, hanya Ganjar dan Puan Maharani yang tersisa sebagai wakil dari PDIP dengan Ganjar masih memiliki elektabilitas terkuat.

1. Ganjar Pranowo: 14,7% (juara kedua)
2. Puan Maharani: 0.8% (peringkat 11)

Kemudian, survei LSI mempersempit sepuluh calon untuk pemilihan presiden 2024. Sekali lagi, Ganjar adalah yang terkuat dengan 15,4% atau kedua setelah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sedangkan Puan Maharani berada di urutan kesembilan dengan 1,1%.

Lantas, apakah PDIP akan mengusung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024?

“Pak Ganjar itu kader PDIP yang sekarang jadi Gubernur Jawa Tengah. Tapi kita harus tahu kalau di PDIP juga banyak kadernya selain Pak Ganjar. Jadi dari itu kita tunggu saja bagaimana ini tergantung Pak Ganjar juga, bagaimana dia bisa meningkatkan elektabilitasnya dan kawan-kawan di PDIP dan dari luar kita juga bisa, ”ujar Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat usai rilis.

Artinya, tahun 2014 (2024) masih terbuka bagi siapa saja, ”kata Djarot.

Tonton juga video ‘Survei Cawapres Indexpolitica: Prabowo Tertinggi, Diikuti Anies’:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr / van)

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5407226/ini-4-capres-terkuat-pdip-siapa-maju-di-2024?tag_from=wp_cb_mostPopular_list

Related Articles