Jet Pembunuh Khashoggi Disita oleh Putra Mahkota Saudi

  • Bagikan

Jeddah

Dokumen pengadilan mengungkapkan temuan mengejutkan mengenai jet pribadi yang digunakan oleh pembunuh jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi. Dua jet pribadi yang digunakan itu ternyata milik perusahaan yang kurang dari setahun sebelumnya disita oleh putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Dokumen yang diajukan sebagai bagian dari gugatan perdata Kanada awal tahun ini diberi label “Sangat Rahasia”. Seorang menteri Saudi juga menandatangani dokumen tersebut, meneruskan perintah penyitaan oleh putra mahkota, penguasa de facto muda Arab Saudi.

“Sesuai instruksi Yang Mulia Putra Mahkota,” tulis menteri menurut terjemahannya, “segera setujui penyelesaian prosedur yang diperlukan untuk ini.”

Seperti yang dinyatakan dalam dokumen tersebut, kepemilikan Sky Prime Aviation diperintahkan untuk dialihkan ke dana kekayaan negara senilai US $ 400 miliar pada akhir 2017. Pesawat perusahaan tersebut kemudian digunakan dalam pembunuhan Khashoggi pada Oktober 2018.

Sekelompok perusahaan milik negara Saudi mengungkap hubungan antara pesawat dan MBS setelah mengajukan gugatan penggelapan bulan lalu di Kanada terhadap mantan pejabat tinggi intelijen Saudi, Saad Aljabri.

Tuduhan penggelapan terhadap Aljabri muncul setelah gugatan yang dia ajukan tahun lalu di pengadilan distrik Washington DC terhadap MBS. Aljabri menuduh putra mahkota mengirim tim pembunuh bayaran untuk membunuhnya di Kanada hanya beberapa hari setelah Khashoggi dibunuh.

Setelah tuduhan diajukan, MBS menerima panggilan melalui WhatsApp, dan pada bulan Desember, pengacara pangeran meminta pengadilan untuk membatalkan kasus tersebut.

Bukti bahwa kepemilikan armada pesawat pribadi telah dialihkan ke Dana Investasi Publik Arab Saudi belum pernah dilaporkan sebelumnya dan menunjukkan adanya hubungan lain antara kematian Khashoggi dan MBS. Pada Oktober 2018, tak lama setelah pembunuhan Khashoggi, Wall Street Journal, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, melaporkan bahwa jet Gulfstream yang digunakan oleh para pembunuh itu milik perusahaan yang dikendalikan oleh MBS.

Tonton video ‘Menunggu Laporan Intelijen AS tentang Kematian Jamal Khashoggi’:

[Gambas:Video 20detik]

Sumber : https://news.detik.com/internasional/d-5472456/jet-pembunuh-khashoggi-ternyata-disita-putra-mahkota-saudi?tag_from=wp_cb_mostPopular_list

  • Bagikan