Kronologi Skandal Barcagate di Barcelona

  • Bagikan

Jakarta

Pencarian dilakukan di kantor Barcelona dan sejumlah penangkapan dilakukan oleh polisi dalam kasus Barcagate. Berikut kronologis skandal tersebut.

Empat orang ditangkap di hari yang sama dengan penggeledahan di kantor Barcelona, ​​Senin (1/3/2021). Salah satunya adalah mantan presiden Barca Josep Maria Bartomeu.

Rangkaian peristiwa ini berkaitan dengan skandal Barcagate, yang terungkap pada Februari tahun lalu. Apa kronologinya?

Skandal ini mengemuka pada 17 Februari 2020, saat diberitakan media Cadena SER mengungkapkan, Barcelona telah mengontrak konsultan media, I3 Ventures, sejak 2017. Konsultan ini diduga direkrut pihak penyerang yang tidak sejalan dengan presiden klub saat itu, Josep Maria Bartomeu.

Di antara para korban, diyakini ada dua bintang Barcelona: Lionel Messi dan Gerard Pique. Pada bulan Juli, Barcelona melakukan audit oleh perusahaan PriceWaterhouse Coopers.

Hasil audit mengungkap dugaan skandal itu tidak terbukti. Namun kasus tersebut memasuki babak baru setelah adanya dugaan korupsi.

Pada September 2020, polisi Catalan menilai tanda-tanda korupsi dengan dugaan biaya layanan yang dibayarkan kepada I3 Ventures meningkat lebih dari 600%. Agar tidak terdeteksi, pembayaran dipecah menjadi sejumlah tagihan di bawah 200 ribu euro sehingga tidak diperlukan persetujuan dewan direksi.

Marca laporan bahwa baru-baru ini terungkap bahwa sejumlah perusahaan selain I3 Ventures telah menerima pembayaran tersebut. Mereka adalah NSG Social Science Ventures SL, Tantra Soft SA, Digital Side SA, Big Data Solutions SA, dan Futuric SA, yang semuanya terkait dengan satu orang, Carlos Ibanez, pemilik I3 Ventures.

Kasus ini menjadi salah satu pemicu desakan Josep Maria Bartomeu untuk mundur dari kursi kepresidenan. Anggota klub akhirnya melayangkan mosi tidak percaya setelah Lionel Messi mengatakan ingin hengkang. Bartomeu kemudian memilih mundur.

Tapi kasusnya tidak berhenti di situ. Polisi yang sudah mengumpulkan data dan barang bukti musim panas lalu kembali ke Camp Nou, Senin (1/3/2021) kemarin. Pada saat yang sama mereka membawa Bartomeu dan kasusnya memasuki babak baru lagi.

Menonton video “Polisi Menggerebek Kantor Barcelona, ​​Mantan Presiden Bartomeu Ditangkap
[Gambas:Video 20detik]
(mentah / lari)


Sumber : https://sport.detik.com/sepakbola/liga-spanyol/d-5477002/kronologi-skandal-barcagate-di-barcelona?tag_from=wp_cb_mostPopular_list

  • Bagikan