“Dulu (warung bakso)  kita selalu ramai mas, dari pagi sampe malem insyalllah ada terus pembeli. Tapi semenjak Covid-19 kemarin hancur lebur usaha kami. Sudah 4 bulan kami tidak berjualan. Orang-orang pada takut ke kami. Sedih mas.”ungkap Pak Ilyas, pemilik Bakso Gemilang kepada Jurnalis SR28

KOTA JAMBI (SR28) -  Namanya Pak Ilyas, pria sederhana yang sehari-hari fasih mengadon dan menjual bakso ini mengalami cobaan yang tak semua orang sanggup menjalaninya. Alih-alih sanggup, orang lain terpikir untuk akan menjalani pun tidak. Bayangkan, efek dari disemprotnya warung sekaligus rumah tempat dia tinggal oleh Satgas Covid-19 dibarengi dengan derasnya pemberitaan oleh berbagai media massa itu membuat kondisi perekonomian dan berubah 180°. Dulu Bakso Gemilang dikenal ramai dan punya pelanggan dari berbagai kalangan. Namun pasca munculnya klaster Gowa dan warung baksonya sempat masuk dalam Tracing Contact dari klaster Gowa tersebut dalam sekejap warung bakso itu sepi senyap. Tak ada orang yang mau mampir. Bahkan meski harga telah dibanting hingga 5000-6000/porsi, warga dan pelanggan masih tak mau sekedar mampir dan membeli menu yang disajikan oleh pak Ilyas.

Selama 4 bulan itu pula pak Ilyas dijauhi, sederet gunjingan dan bentuk menjauhi keluarga pak Ilyas sangat kentara terasa.

Namun pak Ilyas tak patah semangat, dia kumpulkan semua modal yang sangat terbatas dan sederet ihktiar untuk mengimplementasi tekadnya untuk bangkit. Dibantu memantunya, dia menyatakan akan membuka kembali Bakso andalannya itu pada hari Rabu (28/7).

“Besok insyallah kami akan kembali membuka warung bakso kami, sudah 4 bulan tidak berjualan karena Covid 19 ini. Kami juga sehat wal’afiat jadi masyarakat tak boleh takut untuk mampir. Kami juga udah mengundang pak Walikota agar berkenan hadir disela-sela kesibukan beliau untuk menggunting pita yang kami siapkan pertanda warung kami kembali dibuka.” Ungkap Pak Ilyas

Selain akan  dihadiri Walikota Jambi, Pak Ilyas juga menyatakan akan menggelar makan bakso gratis kepada siapa saja yang hadir besok. Dia juga akan mengawali dihari rabu tersebut dengan syukuran yang akan dihaidir oleh para tetangga dan jamaah masjid terdekat. (Muhammad Sidik)