Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Bersiap Sambut Kelahiran Bayi Tapir Asia

by

KOTA JAMBI (SR28) – Kebun binatang taman rimba Jambi setidaknya telah memiliki 400 koleksi hewan langka yang terdiri dari berbagai Satwa Aves serta mamalia dan reptil.

Seperti berbagaijenis burung, harimau, singa, gajah, beruang madu, tapir serta berbagai satwa dilindungi lainnya.

Kini kebun binatang milik pemerintah provinsi Jambi itu, tengah bersiap menyambut kelahiran bayi tapir Asia baru dari perkawinan antara tapir betina bernama Feby dengan Tapir jantan bernama Atra yang saat ini tengah mengandung dengan perkiraan 12 bulan lebih.

Sebelumnya, koleksi kebun binatang taman rimba Jambi itu juga sudah bertambah atas kehadiran Arca yaitu Tapir berjenis kelamin jantan atas perkawinan antara Tapir betina bernama kasih dengan pejantan Atra yang kini sudah menginjak usia 5 bulan.

Proses kelahiran bayi Tapir yang akan menjadi koleksi terbaru kebun binatang Taman Rimba Jambi diprediksi baru akan terjadi pada bulan Maret ataupun April mendatang.

Hal ini, mnegingat masa kandungan Tapir biaanya akan berlangsung selama 390 hingga 400 hari.

Setelah diketahui tengah mengandung untuk yang kedua kalinya, Feby tapir betina berusia 6 tahun tersebut mendapatkan perlakuan khusus. Yakni dengan pemberian pakan tambahan dan berbagai multi vitamin hingga untuk sementara dipisahkan dengan tapir lainnya.

“Ya, masa kehamilannya itu 300 sampai 400 hari, sejauh ini kita belum ketahui jenis kelaminnya apa, perawatannya kita pisahkan dengan kandang khusus,” ujar dr.Tarmizi, Dokter Hewan Taman Rimba Jambi.

Sedikitnya, koleksi Tapir Asia di kebun binatang taman rimba Jambi. Sedikitnya, koleksi Tapir Asia di kebun binatang taman rimba Jambi ada sebanyak enam ekor, yakni tiga Tapir betina dan tiga ekor Tapir jantan yang salah satunya berusia 5 bulan yang seluruhnya dalam kondisi sehat.

Jika kelahiran anak Tapir dari induk Feby itu berhasil, maka akan menambah koleksi Tapir di taman Rimba Jambi menjadi 7 ekor. (Artha/Agus)

Related Articles